Rasm Manuskrip Mushaf Al-Qur’an: Kajian terhadap Naskah Koleksi Pedir Museum Aceh Nomor 278/16
Abstract
The majority of Muslims agree that rasm 'uthmānī should be used as a reference in the pattern of copying the Qur'an, but the Qur'an mushaf 278/16 collection of Pedir Museum Aceh tends to violate this consensus. In addition, research on the rasm aspect in the ancient mushaf of Aceh is also still limited. Therefore, this research is important to do. This study seeks to answer several questions. First, what are the characteristics of the Qur'an 278/16 mushaf in the collection of Pedir Museum Aceh? Second, how is the use of rasm in the Qur'an 278/16 mushaf collection of Pedir Museum Aceh? This research is classified as literature research with a qualitative model. Descriptive methods were used to analyze the existing data, then compared the writing of words in this mushaf with the narrations of al-shaykhān, al-Dānī and Abū Dāwūd. The results showed that the mushaf was an ancient Acehnese mushaf written around the 18th century AD with characteristics like other Acehnese mushaf. From observations, it can be seen that this mushaf is written using mixed rasm, thus showing the inconsistency of rasm in writing. Some words are written using rasm 'uthmānī with a tendency to follow the narration of al-Dānī. Others are written using the rasm imlā'ī with predominance violating ḥadhf rules as well as violating other rules.
Abstrak: Mayoritas umat Islam menyepakati bahwa rasm ‘uthmānī harus dijadikan acuan dalam pola penyalinan Al-Qur’an, namun mushaf Al-Qur’an 278/16 koleksi Pedir Museum Aceh cenderung menyalahi konsensus tersebut. Di samping itu, penelitian terhadap aspek rasm dalam mushaf kuno Aceh juga masih terbatas. Oleh karenanya penelitian ini penting untuk dilakukan. Penelitian ini berusaha menjawab beberapa persoalan. Pertama, bagaimana karakteristik mushaf Al-Qur’an 278/16 koleksi Pedir Museum Aceh? Kedua, bagaimana penggunaan rasm dalam mushaf Al-Qur’an 278/16 koleksi Pedir Museum Aceh? Penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan dengan model kualitatif. Metode deskriptif digunakan untuk menganalisis data yang ada, selanjutnya membandingkan penulisan kata dalam mushaf ini dengan riwayat al-syaikhān, al-Dānī dan Abū Dāwūd. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mushaf tersebut merupakan mushaf kuno Aceh yang ditulis sekitar abad ke-18 M dengan karakteristik seperti mushaf Aceh lainnya. Dari pengamatan terlihat bahwa mushaf ini ditulis menggunakan rasm campuran sehingga menunjukkan inkonsistensi rasm dalam penulisannya. Sebagian kata ditulis menggunakan rasm ‘uthmānī dengan kecenderungan mengikuti riwayat al-Dānī. Sedangkan sebagian lainnya ditulis menggunakan rasm imlā’ī dengan dominasi menyalahi kaidah ḥadhf di samping juga menyalahi kaidah-kaidah lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zaenal. “Kajian Ilmu Rasm Usmani dalam Mushaf Al-Qur’an Standar Usmani Indonesia.” Suhuf: Jurnal Pengkajian Al-Qur’an dan Budaya 6, no. 1 (2013): 35–58. https://doi.org/10.22548/shf.v6i1.34.
al-Ḍabbā’, ‘Alī Muḥammad. Samīr al-Ṭālibīn fī Rasm wa Ḍabṭ al-Kitāb al-Mubīn. Kairo: ‘Abd al-Ḥamīd Ahmad Ḥanafī, t.t.
al-Dānī, Abū ‘Amr. al-Muqni’ fī Rasm Maṣāḥif al-Amṣār. Kairo: Maktabat al-Kulliyyāt al-Azhariyyah, 1978.
Fāris, Ibn. Mu’jam Maqāyīs al-Lughah. Beirut: Dār al-Fikr, 1979.
Farjānī, Muḥammad Rajab. Kayfa Nata᾿addab ma’a al-Muṣḥaf. Kairo: Dār al-I’tiṣām, 1978.
Gallop, Annabel Teh. “An Acehnese Style of Manuscript Illumination.” Archipel 68, no. 1 (2004): 193–240. https://doi.org/10.3406/arch.2004.3834.
Hakim, Abdul. “Metode Kajian Rasm, Qiraat, Wakaf dan Dabt pada Mushaf Kuno.” Suhuf: Jurnal Pengkajian Al-Qur’an dan Budaya 11, no. 1 (2018): 77–92.
al-Hamad, Ghānim Qaddūrī. al-Muyassar fī ’Ilm Rasm al-Muṣḥaf wa Ḍabṭihi. Jeddah: al-Tābi’ li al-Jam’iyyat al-Khairiyyat li Taḥfīẓ al-Qur’ān al-Karīm bi Muḥāfaẓat Jaddah, 2012.
Ibrāhīm, ‘Abd al-Raḥīm ibn ‘Abd al-Raḥmān ibn. “al-Ijtihād fī Rasm al-Muṣḥaf: Ma’nāhu wa Syurūṭuhu wa Alfāẓuhu wa Amthilatuhu.” al-Majallat al-’Ilmiyyat li Kulliyyat al-Qur’ān al-Karīm li al-Qirā’at wa ’Ulūmihā bi Ṭanṭā 7, no. 1 (2021): 517–533. https://doi.org/10.21608/qkt.2021.201482.
Ismā’īl, Sya’bān Muḥammad. Rasm al-Muṣḥaf wa Ḍabṭuhu Bayna al-Tawqīf wa al-Iṣṭilāḥāt al-Ḥadīthah. Kairo: Dār al-Salām, 2012.
Madzkur, Zainal Arifin. “Legalisasi Rasm ’Uthmani dalam Penulisan al-Qur’an.” Journal of Qur’an and Hadith Studies 1, no. 2 (2012): 215–236.
Manẓūr, Ibn. Lisān al-‘Arab. Beirut: Dār Ṣādir, 1994.
Mu’jizah. Iluminasi dalam Surat-Surat Melayu Abad ke-18 dan ke-19. Cet. 1. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2009.
Muhammad, Ahsin Sakho. Membumikan Ulumul Qur’an. Jakarta: Qaf, 2019.
Muḥaysin, Muḥammad Sālim. al-Fatḥ al-Rabbānī fī ‘Alāqat al-Qirā᾿āt bi al-Rasm al-‘Uthmānī. Arab Saudi: Jāmi’at al-Imām Muhammad ibn Sa’ūd al-Islāmiyah, 1994.
Mulyadi, Sri Wulan Rujiati. Kodikologi Melayu di Indonesia. Depok: Fakultas Sastra Universitas Indonesia, 1994.
Mustopa. “Beberapa Aspek Penggunaan Rasm dan Tanda Tajwid pada Mushaf Kuno Lingga.” Suhuf: Jurnal Pengkajian Al-Qur’an dan Budaya 8, no. 2 (2015): 283–302.
Najāḥ, Abū Dāwūd Sulaimān bin. Mukhtaṣar al-Tabyīn li Hijā᾿ al-Tanzīl. Madinah: Majma’ al-Malik Fahd, 2002.
al-Qaṭṭān, Mannā’. Mabāhith fī ’Ulūm al-Qur’ān. Cet. 3. Riyadh: Maktabat al-Ma’ārif, 2000.
Rozi, Fahrur. “Perbedaan Penulisan Mushaf Alquran Cetak.” Kementerian Agama Republik Indonesia, 2018. https://kemenag.go.id/read/perbedaan-penulisan-mushaf-alquran-cetak-aajnq.
al-Suyūṭī, Jalāl al-Dīn. al-Itqān fī ’Ulūm al-Qur’ān. Kairo: al-Haiah al-Misriyyah al-’Ammah li al-Kitab, 1974.
al-Sya’rāwī, Muḥammad Mutawallī. Tafsīr al-Sya’rāwī. Kairo: Dār Akhbār al-Yawm, 1991.
Syarif. “Akomodasi Sab’atu Ahruf dalam Rasm Usmani.” Analisis: Jurnal Studi Keislaman 16, no. 2 (2016): 189–208. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajsk.v16i2.1118.
Syarifuddin. “Kajian Naskah Mushaf Kuno di Aceh: Potensi dan Prospeknya.” Jurnal Adabiya 20, no. 2 (2020): 1–12. https://doi.org/10.22373/adabiya.v20i2.7429.
Syukrī, Ḥamad Khālid. “Ḥukm al-Iltizām bi Qawā’id Rasm al-Muṣḥaf wa Ḍabṭihi.” Majallat al-Syarī’at wa al-Qānūn 33 (2008): 401–447.
Tim Penyusun. Pedoman Umum Penulisan dan Pentashihan Mushaf Al-Qur’an dengan Rasm Usmani. ed. oleh Mazmur Sya’roni. Jakarta: Puslitbang Lektur Agama Badan Litbang Agama Departemen Agama, 1999.
Wardah, Eva Syarifah. “Kajian Kondisi Fisik dan Seluk Beluk Pernaskahan (Kodikologi).” Tsaqofah: Jurnal Agama dan Budaya 10, no. 1 (2012): 1–26. https://doi.org/10.32678/tsaqofah.v10i1.3519.
Zaini, Muhammad, dan Nor Hafizah binti Mat Jusoh. “Problematika Penulisan Al-Qur’an dengan Rasm Usmani pada Al-Qur’an Cetakan Indonesia dan Malaysia.” Tafse: Journal of Qur’anic Studies 5, no. 1 (2022): 155–169. https://doi.org/10.22373/tafse.v5i1.12508.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/tafse.v8i1.17986
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fauzi Saleh, Furqan Amri, Ulil Azmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
INDEX BY:
Journal Secretariat:
Al-Qur'an and Tafsir Department, 1st Floor, Faculty of Ushuluddin and Philosophy, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Indonesia. Jln. Syeikh Abdul Rauf, Kopelma Darussalam Banda Aceh, Indonesia. Post Code: 23111.
Email: tafse@ar-raniry.ac.id
TAFSE: Journal of Qur’anic Studies, e-ISSN: 2775-5339, p-ISSN: 2620-4185