Implementasi Kurikulum PAI Dalam Menanggulangi Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Pada Anak

Umi Zahrotus Sa'adah, Marno Marno

Abstract


Menjamurnya teknologi yang memberikan berbagai kemudahan tidak hanya dikonsumsi oleh kalangan atas melainkan semua kalangan dapat mengkonsumsinya. Mulai dari kalangan bawah, atas, tua, muda bahkan anak-anak sangat mahir untuk menggunakan teknologi salah satunya gadget. Penggunaan media sosial yang berlebihan memberikan dampak luar biasa pada sikap sosial anak. Hal ini dapat dibuktikan bahwa dari penelitian yang telah dilakukan, anak yang kecanduan media sosial akan merenggangkan hubungan dengan keluarga dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini akan memfokuskan pada upaya preventif dalam menanggulangi dampak negatif dari media sosial pada siswa, agar sikap sosial pada siswa dapat berkembang dan tercipta dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakkan di MI Hiyatul Ula Kota Probolinggo dan MI Plus Al-Azhar Kabupaten Blitar. Data ini didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menanggulangi bahaya media sosial pada siswa dilakukan dengan guru memberikan pemahaman kepada siswa terkait pentingnya menumbuhkan sikap sosial dalam kehidupan sehari-hari. Mengimplementasikan kurikulum PAI berbasis religius culture dalam membentuk sikap sosial anak. Begitupun peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget agar tidak berlebihan.


Keywords


media sosial, kurikulum PAI, sikap sosial

References


Abdullah. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999.

Ariantini Putu, Suandi Nemgah. Sutama Made. “Implementasi Pengintegrasian Sikap Spiritual Dan Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 Di Kelas VII SMP I Negri Singaraja” 3, no. 1 (2014).

Asmaul Chusna, Puji. “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan 17 (2017): 315–30.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Pendidiakn Agama Islam. Jakarta: Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2006.

DS, Rasyidah. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Jenis-Jenis Media Sosial Terhadap Intensitas Belajar PAI Siswa Kelas VIII DI SMP N 3 Karangdowo Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017,” 2017.

Fitri, Sulidar. “Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 2 (2017): 118–23. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5.

fuad Yusuf, Choirul. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (SMP). Jakarta: PT Pena Citasatria, 2007.

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.

Hendra Liem, Kokoh. “Dampak Social Media Terhadap Anak.” Kompasiana, 2015. https://www.kompasiana.com/aquades/551b0e90a333118e23b65bb0/dampak-sosial-media-terhadap-anak#:~:text=Dampak negatif dari sosial media adalah %3A Anak,jika anak terlalu sering berkomunikasi di dunia maya.

Herawati, Ninik Ria, and Agus Zaenul Fitri. “Pengembangan Kurikulum Berbasis Religious Culture Di Sd Iis Psm Kediri” 5, no. September 2022 (n.d.).

Hidayat, Ahmad Wahyu. “PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN DEMANGAN YOGYAKARTA.” Tarbiyatuna 9, no. 2 (2018): 82–98.

Juherna, Erna, and Nurul Primawistri. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Anak Usia 4-5 Tahun,.” Pelita PAUD 1 (2017).

Khairuni. “Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak.” Edukasi 2, no. 1 (2016).

Khairuni, Nisa. “DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SOSIAL MEDIA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK (Studi Kasus Di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh).” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1 (2016): 91. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.693.

Novitasari, Wahyu, and Nurul Khotimah. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun.” PAUD Teratai 5 (2016): 182–86.

Rohman, Khabibur. “Agresifitas Anak Kecanduan Game Online.” Perempuan Dan Anak 2 (2018): 155–72.

T, Andiyanto. “Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 3 (2017).

Tari, E., and R H.H. “Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di Era Digital.” Jurnal Ilmiah Teknologi 1 (2020): 1–14.

Trinika. “Engaruh Penggunaan GadgetTerhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015.” Naskah Publikasi, 2015.

Wisnuadi, Krisno. “Data Statistik Top 5 Social Media Yang Digemari Di Indonesia,” 2022. https://dipstrategy.co.id/blog/data-statistik-top-5-sosial-media-yang-digemari-di-indonesia/.

Zamroni. Paradigma Pendidikaan Masa Depan. Yogyakarta: BIGRAF Publishing, 2001.

Zarkasyi Putro, Khamim. Orang Tua, Anak, Sahabat Dan Remaja. Yogyakarta: Cerdas Pustaka, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jie.v7i2.19254

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Welcome to DAYAH: Journal of Islamic Education open journal system. Thank you very much for visiting. We are looking forward to getting your articles

 

DAYAH: Journal of Islamic Education

WebAnalytics

All works are licensed under CC BY-SA

© DAYAH: Journal of Islamic Education 2019. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with Master's Degree of the Department of Islamic Education, Postgraduate Program of Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

Free counters!

Indexed by:

            

               

          

                 

Supported by