Urgensi Guru Bimbingan Konseling Islam dalam Mengatasi Kleptomania

Ari Maulana, Loeziana Uce

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja urgensi Guru Bimbingan Konseling Islam dalam mengatasi kleptomania dan apa saja kendala Guru Bilbingan Konseling Islam dalam mengatasi kleptomania. Jenis Penelitian ini adalah studi kepustakaan dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data kepustakaan. Dengan cara mencari dan mengumpulkan jurnal-jurnal terkait urgensi Guru Bimbingan Konseling Islam dalam mengatasi kleptomania. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu urgensi Guru Bimbingan Konseling Islam dalam mengatasi kleptomania antara lain: Guru BK Islam dapat memberikan bimbingan secara individu, dapat memberikan bimbingan secara kelompok, dapat memberikan peringatan kepada siswa, dan dapat memberikan hukuman yang sifatnya mendidik kepada siswa. Sedangkan kendala Guru BK Islam dalam mengatasi kleptomania antara lain: kurangnya kerja sama dari orang tua siswa, kurangnya sarana dan prasarana, dan kerja sama antar pihak kepala sekolah dengan Guru BK belum berjalan sepenuhnya.


Keywords


Urgensi;Guru BK Islam; Kleptomania

References


Afnilaswati, dkk., “Konsep Aplikasi Landasan dan Pendekatan Religius dalam Pelayanan Konseling.” Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami 7, no. 2 (2021): 128–134. https://doi.org/10.15548/atj.v7i2.3260.

Anggraini, Weli Nelfita, Ayu Mahessya, dan Dhio Saputra. “Sistem Pakar untuk Mendeteksi Kleptomania dengan Metode Fuzzy Berbasis Web.” Jurnal Pustaka Dat 1, no. 1 (2021): 20.

Anwar, M. Ahmad. Prinsip-Prinsip Metodologi Research. Yogyakarta: Sumbansih, 1975.

Azhari, Muhammad Taufiq, dkk., "Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang." INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3, no. 3 (2023): 8-9.

Brawanti, Ni Luh Bella Mega. “Pertanggungjawaban Terhadap Orang yang Menderita Penyakit Kleptomania.” Kertha Wicara: Journal Ilmu Hukum 8, no. 7 (2019): 3.

Haq, Muhammad Dafiq Dhiya’ul "Peran Guru BK dalam Menangani Prilaku Membolos Siswa Di MTs Nu Raudlatus Shibyan." Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling 3, no. 2 (2019): 15.

Fachri, dkk., "Peran Orang Tua dan Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Perilaku Menyimpang Siswa." Educator Development Journal 2, no. 1 (2023): 103.

Marlia, Ani, dkk., "Peran Guru BK dan PAI dalam Mengatasi Poblematika Terhadap Trend Media Sosial Remaja SMP Shailendra Palembang." SIGNIFICANT: Journal of Research and Multidisciplinary 2, no. 2 (2023): 299–311.

Marlinda, Lilies, "Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Berpacaran Siswa." Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling 4, no. 1 (2022): 55-56.

Milenda, Salma Salsabila, dkk., “Layanan Bimbingan dan Konseling Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 4869–75. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2969.

Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosda Karya, 2002.

Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Mucodaser, Rufina Yuliana "Profesionalisme Guru Bimbingan Konseling dan Keseimbangan Waktu Terekam Jejaknya di Managemen Bimbingan Konseling Merupakan Preventif bagi Masalah Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan." Al-Hadi: Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (2021): 21-22

Rangkuti, Safitri Ridwan, dan Irfan Ridwan Maksum. “Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak dalam Mewujudkan Kota Layak Anak di Kota Depok.” Publik (Jurnal Ilmu Administrasi) 8, no. 1 (2019): 38. https://doi.org/10.31314/pjia.8.1.38-52.2019.

Syafiq, Muhammad dkk., "Implementasi Bimbingan Konseling Islam Terhadap Pengembangan Akhlak Siswa SMP." Afkaruna: International Journal of Islamic Studies (AIJIS) 1, no. 1 (2023), 136-137 .

Wahidah, Zakiyatul, dkk., “Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang di SMK.” Educativo: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2023): 306. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.183.

Yuliana, dkk., "Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Bimbingan dan Konseling." Ta'limuna: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2024): 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jie.v7i2.23928

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Welcome to DAYAH: Journal of Islamic Education open journal system. Thank you very much for visiting. We are looking forward to getting your articles

 

DAYAH: Journal of Islamic Education

WebAnalytics

All works are licensed under CC BY-SA

© DAYAH: Journal of Islamic Education 2019. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with Master's Degree of the Department of Islamic Education, Postgraduate Program of Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

Free counters!

Indexed by:

            

               

          

                 

Supported by