THE ZAKAH RECIPIENTS SATISFACTORY AMONG LOW LEVEL INCOME SOCIETY IN YOGYAKARTA
Abstract
===========================================
Perkembangan zakat dalam dekade terakhir ini menjadikannya sebagai sebuah harapan baru bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk meningkatkan kesempatannya untuk keluar dari garis kemiskinan. Namun, potensi zakat dalam mengurangi kemiskinan masih belum dapat dicapai, hal ini terjadi karena tiga alasan, (1) proporsi dana zakat yang didistribusikan kepada sektor- sektor ekonomi bukanlah menjadi program utama; (2) Aturan yang berkaitan dengan zakat masih belum berjalan dengan baik; (3) Perilaku konsumtif masih menjadi faktor yang berpengaruh di dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan mustahiq melalui distribusi zakat yang dapat mempengaruhi kesempatan guna meningkatkan standar hidup mereka. Dengan memaparkan data dalam bentuk riset lapangan dan menggunakan regresi maka ditemukan bahwa kualitas pelayanan, mentoring dapat mempengaruhi kepuasan mustahiq.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, M. Taufik. (2005). Dinamika Pemasaran Jelajahi Dan Rasakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Bhuiyan, Bashar, Abul, Siwar, Chamhuri, Islam, Aminul, & Rashid, Mamunur. (2012). The Approaches of Islamic and Conventional Microfinancing for Poverty Alleviation and Sustainable Livelihood. American Journal of Applied Science, 7(9), 1385-1389.
BPS. (2013). Gini Ratio. Retrieved from https://www.bps.go.id/Brs/view/id/1280
Eljunusi, & Rahman. (2002). Membangun Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Lmelalui Atribut Produk Komitmen Agama Kualitas Jasa Dan Kepercayaan Pada Bank Syariah. Semarang.
Fachruddin, & Ridwan. (2011). Peran Pusat Pengembanganpendamping Usaha Kecil Dan Menengah (P3ukm) Dalam Pengembangan Ukm Di Kota Sukabumi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Hatu, Rauf A. (2010). Pemberdayaan Dan Pendampingan Sosial Dalam Masyarakat. INOVASI, 7(4), 240-254.
Jamilatun. (2011). Pengaruh Kualitas Jasa (Pelayanan) Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Muzakki Di Lembaga Pengembangan Dana Umat Sultan Agung (Lpdu-Sa) Semarang. Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
Jtiptono, Fandy. (1996). Kualitas Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Kotler, Phillip. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Liana, Lie. (2008). Pembinaan Dan Pengembangan Usaha Kecil Sebagai Sarana Memperkokoh Struktur Perekonomian Nasional. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 15(2), 98-106.
Nihayah, Ana Zahrotun. (2014). Pengaruh Program Simpan Pinjam Kelompok Perempuan Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Poverty Reduction Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Pambudi, Hidayat Aji. (2014). Peranan Zakat Produktif Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
PPPEI. (2012). Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Raihanun, Siti. (2013). Analisis Relevansi Pendistribusian Zakat Berbasis Ekonomi Kerakyatan Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat (Studi Badan Amil Zakat Daerah Kab. Lombok Timur). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Rakhmawati. (2014). Operational Evaluation of Zakat Distribution Formed in the Micro-Economic Empowerment Program. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Samosir, & Zahara, Zunir. (2005). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Menggunakan Perpustakaan Usu. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, 1(1), 28-36.
Winoto, Garry Nugraha. (2011). Pengaruh Dana Zakat Produktif Terhadap Keuntungan Usaha Mustahik Penerima Zakat. Semarang: Universitas Diponegoro.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/share.v4i2.1028
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 SHARE Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.