Konseling Komunitas Sebagai Sarana Penguatan Dukungan Sosial Bagi Siswa di SMA Istiqamah Bandung

Authors

  • Rifki Habibun Nazar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aep kusnawan

DOI:

https://doi.org/10.22373/3rwr1m62

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran konseling komunitas dalam memperkuat dukungan sosial bagi siswa di SMA Istiqamah Bandung. Dengan meningkatnya tantangan yang dihadapi siswa, seperti tekanan akademik dan masalah interpersonal, dukungan sosial yang kuat menjadi sangat penting. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap siswa, guru, dan konselor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program konseling komunitas secara signifikan meningkatkan dukungan sosial di antara siswa, yang berdampak positif pada kesejahteraan emosional dan prestasi akademik mereka. Sebanyak 85% siswa melaporkan peningkatan hubungan sosial dengan teman sebaya dan guru setelah mengikuti program ini. Selain itu, terdapat penurunan tingkat kecemasan dan stres di kalangan siswa yang terlibat dalam konseling, serta peningkatan rata-rata nilai akademik sebesar 20%. Temuan ini menekankan pentingnya integrasi konseling komunitas dalam sistem pendidikan untuk mendukung perkembangan positif siswa. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut dari program konseling komunitas di sekolah sebagai strategi untuk meningkatkan dukungan sosial dan kesejahteraan siswa.Kata kunci : konseling komunitas, dukungan sosial, kognitif sosial 

Downloads

Published

2025-10-17

How to Cite

Nazar, R. H., & Aep kusnawan. (2025). Konseling Komunitas Sebagai Sarana Penguatan Dukungan Sosial Bagi Siswa di SMA Istiqamah Bandung. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 8(1), 64-73. https://doi.org/10.22373/3rwr1m62