KONSELING LINTAS BUDAYA DAN AGAMA SEBAGAI SOLUSI FENOMENA KOREAN WAVE DAN K-POPERS
DOI:
https://doi.org/10.22373/taujih.v5i1.13432Keywords:
Konseling Lintas Budaya dan Agama, Korean Wave, K-popersAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena Korean Wave dan K-popers di kalangan generasi muda khususnya remaja Indonesia. Fenomena Korean Wave dan K-popers di Indonesia tidak terlepas dari dampak globalisasi sehingga mengakibatkan budaya lokal atau budaya asli Indonesia makin terkikis dan bahkan jika tidak diantisipasi atau dicarikan solusinya maka budaya lokal akan hilang sama sekali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau penelitian kepustakaan dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan memahami dan menganalisis berbagai tulisan atau karya-karya sebelumnya. Pengumpulan datanya diambil dari berbagai buku dan artikel jurnal yang berkaitan dengan tema dan pembahasan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Korean Wave dan K-popers merupakan ancaman yang serius bagi budaya Indonesia. Korean Wave dan K-popers tidak hanya dapat melemahkan budaya lokal, tapi juga dapat merubah perilaku dan gaya hidup remaja Indonesia. Kemudian sebagai solusi yang dapat dilakukan dalam menanggulangi persoalan ini adalah konseling lintas budaya dan agama. Konseling lintas budaya dan agama dipandang tepat karena memiliki karaktersitik, spesifikasi dan perhatian khusus terhadap budaya serta perubahan perilaku remaja.References
Akhmadi, Agus. (2019). Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia. Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 13. No. 2 Februari-Maret
https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/download/82/45
Ardia, V. (2014). Drama Korea dan Budaya Popular. Jurnal Komunikasi. Vol. 2 No. 3, Hal. 12-18
https://doi.org/10.30656/lontar.v2i3.337
Cindoswari, Ageng Rara dan Dina Diana. (2019). Peran Media Massa Terhadap Perubahan Perilaku Remaja di Komunitas K-popers Batam. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian. Vol. 5 No. 2 Oktober, Hal. 275-285
http://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i2.666
Iskandar, Putri Zafira dan Dinda Amanda Zuliestina. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Album Musik dan Merchandise K-pop (Studi pada Penggemar Musik K-pop). Vol. 8 No. 3
https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/14930/14834
Jumarin. (2002). Dasar-dasar Konseling Lintas Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Latifun. (2001). Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.
Lubis, Namora Lumangga. (2013). Memahami dasar-dasar Konseling dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Maliki. (2016). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Masruri. (2016). Etika Konseling dalam Konteks Lintas Budaya dan Agama. Al-Tazkiah, Vol. 5 No. 2 Desember, Hal. 139-150
https://doi.org/10.20414/altazkiah.v5i2.1187
Nadia, Shyfa Mourizka dan Pramitha Aulia. (2020). Pengaruh Brand Ambassador K-pop terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. e-Proceeding of management, Vol. 7 No. 2 Agustus.
https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/13462/13293
Nastiti, A. D. (2010). Korean Wave di Indonesia: Antara Budaya, Internet dan Fanatisme pada Remaja (Studi Kasus terhadap Situs Assian Fans Club di Indonesia dalam Perspektif Komunikasi Antar Budaya). Journal of Communication. Vol. 1 No. 1 Agustus, Hal. 1-23
Putri, Lisa Anggraini. (2020). Dampak Korea Wave Terhadap Perilaku Remaja di Era Globalisasi. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol. 3 No 1, Hal. 42-48
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/alittizaan/article/view/10187/5469
Prihwanto, Puji. dkk. (2021). Konseling Lintas Agama dan Budaya Strategi Konseling di Era Modern. TTT: Guepedia.
Ri’aeni, Ida dkk. (2019). Pengaruh Budaya Korea (K-pop) terhadap Remaja di Kota Cirebon. Communication, Vol. 1 No. 1 Januari, Hal. 1-26
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communications/article/view/9460/6798
Ridaryanthi, Melly. (2014). Bentuk Budaya Populer dan Konstruksi Perilaku Konsumen Studi terhadap Remaja. Jurnal Visi Komunikasi, Vol. 13 No. 1 Mei, Hal. 87-104
Sihombing, Lambok Hermanto. (2018). Pengaruh K-pop Bagi Penggemarnya: Sebuah Analisis Kajian Blog. Jurnal Makna, Vol. 3 No. 1 Maret, Hal. 55-76
https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/makna/article/download/842/726
Syam, Hamdani M. (2015). Globalisasi Media dan Penyerapan Budaya Asing, Analisis pada Pengaruh Budaya Populer Korea di Kalangan Remaja Kota Banda Aceh. Avan Garde: Jurnal Komunikasi, Vol. 3 No. 1 Juli, Hal. 54-70
https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/avantgarde/article/viewFile/19/4
Tiningtiyas, Diana Ariswanti. (2019). Konseling Lintas Budaya. Magetan: Media Grafika.
Yulius, H. (2013). All About K-Pop. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.