Implementasi The Bear Card Feelings Dalam Bimbingan Klasikal Untuk Melatih Kemampuan Berbicara Siswa
DOI:
https://doi.org/10.22373/49cvhr59Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan metode permainan simulasi Bear Card Feelings untuk membantu siswa melatih kemampuan berbicara di depan umum di MTs N 1 Banyumas tepatnya di kelas VIIC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti terkait dengan perilaku dan respon subjek setelah diberikan layanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal yang dilaksanakan dengan metode permainan simulasi menggunakan alat bantu bear card feelings dapat membantu siswa melatih kemampuan berbicara di depan umum. Dengan demikian perlu dikembangkan lagi metode yang inovatif dan menyenangkan, agar siswa memiliki pemahaman yang mendalam terhadap materi yang disampaikan dengan cara yang menyenangkan.
Kata kunci: Bimbingan klasikal, bear card feelings, kecemasan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ainun Nur Fitri Ramdhiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.