References
Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nur, M. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Meltzer. 2002. The relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics : A PosibleHidden Variable in Diagnostic Pretest Scores. American Journal Physics.
Ruseffendi, E. T. 1998. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.
West RE., Williams GS & Williams DD. 2013. Improving problem-based learning in creative communities through effective group evaluation. International Journal of Engineering Education 7(2):1-42.
Putera IBNS. 2012. Implementasi problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari intelligence quotient (IQ) (Tesis). Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Putra, Nusa . 2013. Research and Development, Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Made. 2008. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akutansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha. Laporan Penelitian. Halaman 74-84.
Nurichah EF., Susantini E & Wisanti. 2012. Pengembangan lembar kerja siswa berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi keanekaragaman hayati. BioEdu 1(2):45-49.
Semara P.I., Bagus Nyoman. 2012. Implementasi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi SMA Ditinjau dari Intelligence Quetion (IQ). Tesis. Program Studi Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Wulandari, B., Herman DwiSurjono. 2013. Pengaruh Problem Based Learning TerhadapHasilBelajarDitinjau Dari MotivasiBelajar PLC Di SMK. JurnalPendidikanVokasi. Vil 3(2). Program PascasarjanaUniversitasNegeri Yogyakarta.