Implementasi Pembelajaran Berbasis Lesson Study Terhadap Kompetensi Pedagogik dan Keterampilan Proses Sains Guru Biologi SMA Negeri 11 dan MA Negeri 3 Kota Banda Aceh
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bakri. 2014. Banyak Siswa Aceh Tak Lulus UN karena Mutu Guru Rendah. Serambi Indonesia 24 Mei 2014. (http://aceh.tribunnews.com/2014/05/22/banyak-siswa-aceh-tak-lulus-un-karena-mutu-guru-rendah., diakses tanggal 4 April 2015).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 tahun 2008 tentang guru.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Akademik dan Kompetensi Guru.
Listyani, E., Djamilah, B. W., Mathilda, S., Elly, A., and Kana, H. 2008. Development of Mathematics High School Tteacher’s Competence Through Lesson Study (A Case Study in Yogyakarta, Indonesia). International Conference on Lesson Study (Lesson Study: a Challenge for Quality Improvement in Education, July 31 – August 1, 2008.
Marsigit. 2007. Mathematics Tteachers’ Profesional Development through Lesson Studyin Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 3(2):141:144.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.
Elvinawati, Sumpono dan Hermansyah Aminr. 2012. Lesson Study pada Mata Kuliah Kimia Sekolah I Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Pembangunan Karakter (Character Building). Jurnal Exacta, Vol. X. No. 2 Desember 2012, ISSN 1412-3617.
Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Grasha, A.F., & Yangarber-Hicks, N. 2000.Integrating Teac¬hing Styles and Learning Styles with Instructional Technology.College Teaching.
Doymuş, K., Şimşek, U., & Bayrakçeken, S. 2004. The Effect of Cooperative Learning on Attitude and Academic Achievement in Science Lessons.Journal of Turkish Science Education.
Trisnayanti, N, Wayan Sedia, dan Ketut Suma. 2014. Pengaruh Diklat Berbasis Lesson Study Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sains dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha, Vol 4, No 1 2014.
Sumartono, dan Yus, S. 2011. Peran Lesson Study dalam Mengembangkan Keprofesionalan Pendidik dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran secara Berkelanjutan.Prosiding Seminar Nasional Lesson Study 4 Tahun 2011.FMIPA: Universitas Negeri Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1074
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
All works are licensed under CC BY-SA
Index By
Office Address
Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id
Contact Person
Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)