References
Nawawi. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta. Bumi Aksara.
Ibrahim. 2015. Kurikulum Integratif Islami dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam Pembelajaran IPA-Biologi pada peringkat SMP. Disampaikan pada Seminar Hasil Penelitian Hibanh Bersaing Dikti. Banda Aceh Tanggal.16 Desember 2015.
Trianto. 2009. Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan. Implementasinya Pada Kurikulum Tingat SatuanPendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Slavin, E Robert. 2010. Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik. Nusamedia.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Zaura, B. & Sulastri. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX SMP Negeri 1 Labuhan Haji Aceh Selatan. Jurnal Peluang, 1 (1).
Marrysca, V.A.F., Surantoro, & Ekawati, E.Y. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbantuaan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berkarakter untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (2), 6-11.
Praptiwi. & Handhika, J. (2012). Efektivitas Metode Kooperatif Tipe GI dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3 (1), 41-50.