Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di MAS Babun Najah Banda Aceh
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin dan Wahyuni, E. N. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jokjakarta: Ar-Ruzz Media.
Slavin, R. 2003. Educational Psychology. (Online),(http%3A%2F%2Fwww.pearsonhighered.com%2Fsamplechapter%2F020.pdf, diakses 22 Februari 2016)
Laurens, T. 2011. Pengembangan Metakognisi dalam Pembelajaran Matematika. Disampaikan dalam Seminar Nasional Matematika Juli 2011. (Online) (https:// p4mriunpat. wordpress.com / 2011/ 11 /14/ metakognisi- dalam - pem- belajaran-matematika/, diakses 20 Februari 2016).
Kristiani, N. 2015. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Saintifik dalam Mata Pelajaran Biologi SMA Kurikulum 2013. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS. Surakarta.
Archambault, J., Burch, T., Crofton, M., & McClure, A. 2008. The Effects of Developing Kinematics Concept Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques. Action Research Required for the Master of Natural Science Degree with Concentration in Physics. Arizona State University.
Ruseffendi, E. T. 1998. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.
Munandar, H. 2014. Meningkatakan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Metakognitif. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Bandung: Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi.
Livingston, J. 1997. Metacognition: An Overview. (on-line), (http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/Metacognition.htm, diakses tanggal 17 Maret 2016).
Melani, R. 2012. Pengaruh Metode Guided Discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi. 4(1): 97-105.
Akanbi, A.A., dan Kolawole, C.B. 2014. Effects of Guided Discovery and Self Learning Strategies on Senior Secondary School Students Achievement in Biology. Journal of Education and Leadership Development. 6(1): 19-42.
Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Widiadnyana I.W., Sadia I.W., Suastra I.W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Volume 4.
Ulumi, D.F., Maridi dan Rinanto, Y. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi. 7(2): 68 -79.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, dan
R & D. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1072
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
All works are licensed under CC BY-SA
Index By
Office Address
Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id
Contact Person
Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)