THE DEVELOPMENT OF FLASHCARD LEARNING MEDIA BASED ON THE DIVERSITY OF FRESHWATER FISH IN SAKTI BUANA RIVER

Niko Efendi, Hifni Septina Carolina, Suhendi Suhendi, Nasrul Hakim

Abstract


ABSTRAK

Hasil prasurvey di MA Ma’arif 03 Seputih Banyak ditemukan permasalahan yaitu minimnya penggunaan media pembelajaran saat mengajar materi biologi termasuk materi keanekaragaman hayati. Dalam proses pembelajaran, sumber belajar yang digunakan hanya fokus pada LKS dan siswa belum dihubungkan langsung dengan alam sekitar mereka. Sehingga menyebabkan beberapa siswa merasa kesulitan memahami materi yang disampaikan. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran berbasis keanekaragaman hayati lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan flashcard berbasis keanekaragaman ikan air tawar di Sungai Sakti Buana sebagai media pembelajaran siswa SMA/MA. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Dari hasil validasi dan uji coba produk diperoleh nilai persentase masing-masing responden diantaranya yaitu ahli media sebesar 91,67%, ahli materi sebesar 90%, respons guru sebesar 90%, respons siswa sebesar 91,25%, dan semua hasilnya termasuk kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil validasi oleh kedua validator dan hasil uji produk menunjukkan bahwa flashcard berbasis keanekaragaman ikan air tawar di Sungai Sakti Buana sebagai media pembelajaran siswa SMA/MA sangat layak digunakan.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flashcard, Keanekaragaman Ikan Air Tawar

Keywords


Media Pembelajaran; Flashcard; Keanekaragaman Ikan Air Tawa

Full Text:

PDF

References


Sumatro, Saroyo, Herni E.I. Simbala, Roni Koneri, Ratna Siahaan, dan Parluhutan Siahaan. 2012. Biologi Konservasi. Bandung: CV. Patra Media Grafindo.

Lase, Natalia Kristiani, Herbert Sipahutar, dan Fauziyah Harahap. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Potensi Lokal pada Mata Pelajaran Biologi SMA Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (2), 101.

Arsyad, Azhar. 2020. Media Pembelajaran. 22 ed. Jakarta: Rajagrafindo.

Maryanto, Rahel Ika Primadini, dan Imanuel Adhitya Wulanata Chrismastianto. 2018. Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah ABC Manado. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16 (3), 307.

Fitriyani, Eka dan Putri Zulmi Nulanda. 2017. Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, 4 (2), 172.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Dewanti, Handaruni, Anselmus J E Toenlioe, dan Yerry Soepriyanto. 2018. Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1 (3), 226.

Taluke, Dryon, Ricky S. M Lakat, dan Amanda Sembel. 2019. Analisis Preferensi Masyarakat dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Spasial, 6 (2), 534.

Atika, Nur dan Zubaidah Amir MZ. 2016. Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Rme untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 2 (2), 103-110.

Sari, Fiska Komala, Farida, dan M. Syazali. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 137.

Sukiman. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran. 1 ed. Yogyakarta: PEDAGOGIA.

Savitri, Erna Noor, dan Sudarmin. 2016. Penerapan Pendekatan JAS (Jelajah Alam Sekitar) pada Mata Kuliah Konservasi dan Kearifan Lokal untuk Menanamkan Softskill Konservasi pada Mahasiswa IPA UNNES. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v10i2.12794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Index By

       

Office Address

Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id

Contact Person

Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)