Optimalisasi Pembelajaran Dengan E-Book Dan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas X SMA Pada Materi Dunia Tumbuhan

Nurlia Zahara, Djufri Djufri, M. Ali Sarong

Abstract


Penelitian yang berjudul “Optimalisasi Pembelajaran dengan E-Book dan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA pada Materi Dunia Tumbuhan†telah dilakukan pada tanggal 23 April sampai dengan 13 Mei 2013 di MAN Model Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan membuat dan mengembangkan E-Book sebagai media pembelajaran elektronik berbasis web, mengimplementasikan E-Book dunia tumbuhan E-Book sebagai sumber belajar dan melihat pengaruh E-Book serta media pembelajaran berbasis multimedia untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttes Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif berupa tes pilihan ganda. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretes, postes, dan pemberian angket. Pengolahan data dilakukan dengan mencari N-Gain dan membandingkan N-Gain kelas experimen dengan N-Gain kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t independen sample t-tes. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai t-hitung untuk kelas experimen adalah 3,53, maka t-hitung>dari t-tabel 1,645. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan. Hasil belajar siswa dengan menggunakan e-Book dan media pembelajaran berbasis multimedia, E-Book dapat diimplementasikan sebagai sumber belajar dunia tumbuhan, serta E-Book dapat dikembangkan sebagai bahan ajar dunia tumbuhan.

Kata Kunci: E-Book, Media Pembelajaran Multimedia dan Hasil Belajar.


A research entitled, "Optimizing Learning by Using E-Book and Multimedia-Based Instructional media to Improve Students’ outcome at Class X of Senior High School in The material of Plant World" has been carried out on April 23 until May 13, 2013 in MAN Model Banda Aceh. This study aimed at designing and developing E-Book as a web-based electronic learning media, implementing Plant World E-Book as one of sources of learning and see the impact of the E-Book and multimedia-based instructional media to optimize students’ learning outcomes. It was an experimental research with pre-test post-tes control group design. The data were collected by giving pre-test, post-test, and questionnaire. The instruments used in this study were an objective test in the form of multiple-choices and questionnaires. The data then processed by calculating and comparing the N-Gain of experimental class to the N-Gain of control class. They were analyzed by using independent sample t-test. Statistical analysis showed that the value of t-test for experimental class was 3.53, then the t-count > t-table was 1.645. It can be concluded that there were improvement of students’ learning outcome after using E-book and multimedia-based instructional media, E-Book can be implemented as one of sources of learning the plant world, also E-Book can be developed as one of teaching materials of plant world.

Keyword: E-Book, Multimedia-based Instructional Media and Learning Outcomes

Keywords


E-Book; Multimedia-based Instructional Media; Learning Outcomes

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v2i2.243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

All works are licensed under CC BY-SA

Index By

       

Office Address

Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id

Contact Person

Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)