Artikel
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Konsep Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan
Affiliation Details
- Evi Apriana: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
- Anwar Anwar: Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri pada konsep dampak pencemaran lingkungan terhadap kesehatan, menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Statistic group pretes-postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhamadiyah Aceh. Kelas pertama dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan kelas kedua dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri. Analisis data tentang model pembelajaran PBL dan Inkuiri terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Data penelitian diuji dengan t-test, menggunakan program statistik software komputer. Hasil penelitian menunjukkan nilai kemampuan berpikir kritis pada model pembelajaran PBL dan Inkuiri dengan t-hitung > t-tabel (3,20 > 2,00), dengan nilai postest mean PBL = 72,25 dan mean Inkuiri = 81,00. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada model PBL dan Inkuiri.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Pencemaran Lingkungan
This study aims to determine the improvement of students' critical thinking skills through the application of the Problem Based Learning (PBL) and Inquiry on the concept of the impact of environmental pollution on health, using experimental methods to design pretest-posttest Statistic group design. The population in this study were students of the Faculty of Public Health, University of Muhammadiyah in Aceh. First class learned with PBL learning model and the second class learned with inquiry learning model. Analysis of data on PBL and inquiry learning model to increase students' critical thinking skills. Data were tested by t-test, using a statistical software program computer. The results show the value of critical thinking skills in the PBL and inquiry learning model with t count> t-table (3.20> 2.00), with a mean post-test score and the mean PBL = 72.25 and mean Inquiry = 81.00. It can be concluded that there is an increase in students' critical thinking skills and inquiry PBL model.
Keyword: Learning Model of Problem Based Learning, Inquiry, Critical Thinking Skills, and Environmental Pollution
11
TOTAL VIEWS
1
DOWNLOADS
ALTMETRICS
Similar Articles
- Fatemah Rosma, Mauizah Hasanah, THE EFFECT OF THE PROJECT BASED LEARNING MODEL IN STUDENTS' CRITICAL THINKING SKILLS ON ENVIRONMENTAL POLLUTION SUBJECTS , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 9 No. 1 (2021): JURNAL BIOTIK
- Teuku Fakhrizal, Uswatun Hasanah, UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 1 KLUET TENGAH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 8 No. 2 (2020): JURNAL BIOTIK
- Almukarram Almukarram, Muhammad Ali Sarong, Evi Apriana, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 12 Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 4 No. 1 (2016): JURNAL BIOTIK
- Riza Ulhaq, Ilham Juliwardi, A DIGITAL INTERACTIVE MODULE-BASED ON PROBLEM LEARNING IN ENVIRONMENTAL POLLUTION , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 11 No. 2 (2023): JURNAL BIOTIK
- Nur Afni, Khairil Khairil, Abdullah Abdullah, Penerapan Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Di Sma Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Neuwidia Nuzul Putri, Kurnia Ningsih, Sri Supartini, EFFORTS TO IMPROVE 4C SKILLS (CRITICAL THINKING, COLLABORATIVE, COMMUNICATIVE, AND CREATIVE) THROUGH PROJECT-BASED LEARNING , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 11 No. 2 (2023): JURNAL BIOTIK
- Cut Zaitun Umara, Cut Nurmaliah, Khairil Khairil, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMP , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 4 No. 2 (2016): JURNAL BIOTIK
- Cut Nisna Juwita, Samingan Samingan, M. Ali Sarong, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbasis Multimedia Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Ruslaini ,, Djufri ,, Hafnati Rahmatan, PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN TINDAKAN PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 3 No. 1 (2015): JURNAL BIOTIK
- Maulina Maulina, Khairil Khairil, Safrida Safrida, PENERAPAN MODEL PBL DIPADU MEDIA ANIMASI VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP NEGERI 5 BANDA ACEH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 5 No. 1 (2017): JURNAL BIOTIK
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Nurmaliah Nurmaliah, Suhrawardi Ilyas, Evi Apriana, Penggunaan Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Almukarram Almukarram, Muhammad Ali Sarong, Evi Apriana, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 12 Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 4 No. 1 (2016): JURNAL BIOTIK
- Siti Maryam Fadhilah Palestina, Samingan Samingan, Evi Apriana, Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik