Artikel
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Konsep Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan
Affiliation Details
- Evi Apriana: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
- Anwar Anwar: Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Universitas Syiah Kuala Banda Aceh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri pada konsep dampak pencemaran lingkungan terhadap kesehatan, menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Statistic group pretes-postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhamadiyah Aceh. Kelas pertama dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL dan kelas kedua dibelajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri. Analisis data tentang model pembelajaran PBL dan Inkuiri terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Data penelitian diuji dengan t-test, menggunakan program statistik software komputer. Hasil penelitian menunjukkan nilai kemampuan berpikir kritis pada model pembelajaran PBL dan Inkuiri dengan t-hitung > t-tabel (3,20 > 2,00), dengan nilai postest mean PBL = 72,25 dan mean Inkuiri = 81,00. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada model PBL dan Inkuiri.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Pencemaran Lingkungan
This study aims to determine the improvement of students' critical thinking skills through the application of the Problem Based Learning (PBL) and Inquiry on the concept of the impact of environmental pollution on health, using experimental methods to design pretest-posttest Statistic group design. The population in this study were students of the Faculty of Public Health, University of Muhammadiyah in Aceh. First class learned with PBL learning model and the second class learned with inquiry learning model. Analysis of data on PBL and inquiry learning model to increase students' critical thinking skills. Data were tested by t-test, using a statistical software program computer. The results show the value of critical thinking skills in the PBL and inquiry learning model with t count> t-table (3.20> 2.00), with a mean post-test score and the mean PBL = 72.25 and mean Inquiry = 81.00. It can be concluded that there is an increase in students' critical thinking skills and inquiry PBL model.
Keyword: Learning Model of Problem Based Learning, Inquiry, Critical Thinking Skills, and Environmental Pollution
11
TOTAL VIEWS
1
DOWNLOADS
ALTMETRICS
Similar Articles
- Muhammad Jamhari, Syarifuddin Syarifuddin, Herbert Sipahutar, THE EFFECTS OF VISUAL MAPPING AND SCIENCE-RELATED ATTITUDES ON STUDENTS’ CRITICAL THINKING AND PROBLEM SOLVING SKILLS , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 8 No. 2 (2020): JURNAL BIOTIK
- Safriyadi Amisyah, Muhammad Ali S, Cut Nurmaliah, Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Problem Based Learning , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 2 (2013): Jurnal Biotik
- Nukhbatul Bidayati Haka, Alfiyani Leoninda, Meita Dwi Solviana, Hardiyansyah Masya, Hardiyansyah Masya, Nur Hidayah, The Role of the ASICC-SLICES Model in Promoting Science Literacy and Collaboration Skills: A Pathway to Educational Sustainable Development , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 13 No. 1 (2025): JURNAL BIOTIK
- Nafisah Hanim, Zuraidah Zuraidah, Cut Ratna Dewi, Eriawati Eriawati, Ernilasari Ernilasari, Raihanul Muhsan, DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA BASED ON THE PROBLEM SOLVING METHOD USING PREZI FOR THE TOPIC OF ENVIRONMENTAL CHANGES , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 12 No. 1 (2024): JURNAL BIOTIK
- Siti Maryam Fadhilah Palestina, Samingan Samingan, Evi Apriana, Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Marlina Marlina, Rahmawati Rarussyamsu, Ristiono Ristiono, Elsa Yuniarti, THE VALIDITY OF HOTS ASSESSMENT INSTRUMENT ON CELL SUBJECT FOR STUDENT IN GRADE XI , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 9 No. 1 (2021): JURNAL BIOTIK
- Nursafiah ,, Tanggapan Siswa Terhadap Model Pebelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Fotosintesis di SMP Negeri 8 Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 3 No. 2 (2015): JURNAL BIOTIK
- Rahmayanti Rahmayanti, Razali Razali, Mudatsir Mudatsir, Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Dengan Infeksi Soil Transmitted Helminths (STH) Pada Murid Kelas 1, 2 Dan 3 SDN Pertiwi Lamgarot Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Teuku Musreza Fonna, Adlim Adlim, Muhammad Ali S, Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia Di SMA Negeri Unggul Sigli , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 2 (2013): Jurnal Biotik
- Halisah Suriani, PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMPS IT DARUL AZHAR ACEH TENGGARA , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 6 No. 1 (2018): JURNAL BIOTIK
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Nurmaliah Nurmaliah, Suhrawardi Ilyas, Evi Apriana, Penggunaan Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Almukarram Almukarram, Muhammad Ali Sarong, Evi Apriana, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 12 Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 4 No. 1 (2016): JURNAL BIOTIK
- Siti Maryam Fadhilah Palestina, Samingan Samingan, Evi Apriana, Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik