PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMPS IT DARUL AZHAR ACEH TENGGARA
DOI:
https://doi.org/10.22373/biotik.v6i1.4042Keywords:
Learning Cycle, Problem Based Learning dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (Learning Cycle, Problem Based Learning, dan Konvensional) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMPS IT Darul Azhar Aceh Tenggara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3 kelas, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini 3 kelas dengan jumlah 112 orang siswa yaitu kelas VII-B sebagai kelas dengan pembelajaran Problem Based Learning, kelas VII-C sebagai kelas dengan pembelajaran Learning Cycle, dan kelas VII-A sebagai kelas dengan pembelajaran Konvensional. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 40 soal. Metode penelitian berbentuk kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan anakova dengan taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil penelitian ditemukan adanya pengaruh model pembelajaran (Learning Cycle, Problem Based Learning, dan Konvensional) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMPS IT Darul Azhar Aceh Tenggara, dimana yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 0,449 ± 0,104, Problem Based Learning 0,534 ± 0,135, dan Konvensional 0,406 ± 0,100, dengan F = 10,668 dan taraf signifikansinya 0,000 dan taraf signifikansinya = 0,05.
Downloads
References
Safriansyah, R. 2013. http://litbang.kemdik-bud.go.id/index.php/survei-internasional-pisa. Diakses 28 Desember 2013.
Bambang. 2013. http://sinarharapan.co/index. php/ news/read/18204/mutu-pendidikan-aceh-tetap-memprihatinkan.html. diakses 6 Desember 2013.
Dewi. 2012. Pengaruh Model Siklus Belajar 7e Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Siswa SMA Negeri 1 Sawan. Tesis. PPs UNDIKSHA.
Kulsum. 2011. Penerapan Model Learning Cycle Pada Sub Pokok Bahasan Kalor Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. FKIP. UNNES.
Suastika, K. (2011) Implementasi Model Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) pada Pembelajaran Fisika Materi Dinamika Partikel di Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Palangka Raya Tahun Ajaran 2010/2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011, diakses 6 Desember 2013.
Simmons, E.M., Wu, B.X., Knighht, L.S., Lopez, R.R. 2008. Assessing The Influence of Field-and Gis-Based Inquiry on Student Attitude and Conceptual Knowledge in an Undergraduate Ecology Lab. CBE-Life Science Education. 7: 338-345.
Akcay, B. 2009. Problem-Based Learning in Science Education. Journal of Turkish Science Education. 6(1): 26-36.
Dahar, R.W. 1988. Teori-teori Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.
Sudjana, N. 2005. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.