PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMPS IT DARUL AZHAR ACEH TENGGARA

Authors

  • Halisah Suriani Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Gunung Leuser Kutacane

DOI:

https://doi.org/10.22373/biotik.v6i1.4042

Keywords:

Learning Cycle, Problem Based Learning dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (Learning Cycle, Problem Based Learning, dan Konvensional) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMPS IT Darul Azhar Aceh Tenggara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3 kelas, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini 3 kelas dengan jumlah 112 orang siswa yaitu kelas VII-B sebagai kelas dengan pembelajaran Problem Based Learning, kelas VII-C sebagai kelas dengan pembelajaran Learning Cycle, dan kelas VII-A sebagai kelas dengan pembelajaran Konvensional. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 40 soal. Metode penelitian berbentuk kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan anakova dengan taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil penelitian ditemukan adanya pengaruh model pembelajaran (Learning Cycle, Problem Based Learning, dan Konvensional) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMPS IT Darul Azhar Aceh Tenggara, dimana yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 0,449 ± 0,104, Problem Based Learning 0,534 ± 0,135, dan Konvensional 0,406 ± 0,100, dengan F = 10,668 dan taraf signifikansinya 0,000 dan taraf signifikansinya = 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Halisah Suriani, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Gunung Leuser Kutacane

    Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Gunung Leuser Kutacane

References

Safriansyah, R. 2013. http://litbang.kemdik-bud.go.id/index.php/survei-internasional-pisa. Diakses 28 Desember 2013.

Bambang. 2013. http://sinarharapan.co/index. php/ news/read/18204/mutu-pendidikan-aceh-tetap-memprihatinkan.html. diakses 6 Desember 2013.

Dewi. 2012. Pengaruh Model Siklus Belajar 7e Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Siswa SMA Negeri 1 Sawan. Tesis. PPs UNDIKSHA.

Kulsum. 2011. Penerapan Model Learning Cycle Pada Sub Pokok Bahasan Kalor Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. FKIP. UNNES.

Suastika, K. (2011) Implementasi Model Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) pada Pembelajaran Fisika Materi Dinamika Partikel di Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Palangka Raya Tahun Ajaran 2010/2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011, diakses 6 Desember 2013.

Simmons, E.M., Wu, B.X., Knighht, L.S., Lopez, R.R. 2008. Assessing The Influence of Field-and Gis-Based Inquiry on Student Attitude and Conceptual Knowledge in an Undergraduate Ecology Lab. CBE-Life Science Education. 7: 338-345.

Akcay, B. 2009. Problem-Based Learning in Science Education. Journal of Turkish Science Education. 6(1): 26-36.

Dahar, R.W. 1988. Teori-teori Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.

Sudjana, N. 2005. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2019-02-13

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMPS IT DARUL AZHAR ACEH TENGGARA. (2019). BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 6(1), 63-69. https://doi.org/10.22373/biotik.v6i1.4042

Similar Articles

1-10 of 216

You may also start an advanced similarity search for this article.