Artikel
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Zat Aditif Makanan Berkaitan Dengan Kesehatan Terhadap Sikap Kognitif Dan Aktivitas Siswa Kelas VIII MTsN Rukoh Kota Banda Aceh
Affiliation Details
- Annie Kusharyanti: Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Universitas Syiah Kuala
- M. Ali Sarong: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Syiah Kuala
- Suhrawardi Ilyas: FMIPA Universitas Syiah Kuala
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap siswa terhadap jajanan yang mengandung zat aditif berbahaya bagi kesehatan dan hasil belajar kognitif siswa, Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen, dengan menggunakan desain pre test-post test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Rukoh Kota Banda Aceh. Sampel penelitian sebanyak satu kelas yang diacak secara random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan kognitif, angket skala sikap siswa. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatann sikap siswa adalah dengan analisis gain, perbedaan hasil belajar kognitif menggunakan uji t. Hasil penelitian adalah pada aspek sikap siswa terjadi peningkatan dengan nilai total nilai oleh siswa diketahui bahwa siswa mendapat rata-rata nilai pre test 61% dan rata-rata nilai post test 83 % serta nilai gain sebesar 56 %. Pada hasil belajar kognitif adanya perbedaan signifikan hasil belajar kognitif antara pretest dan postest dengan thitung = 5,47 dan ttabel = 1,67. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan sikap dan perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Zat Aditif, Kognitif dan Sikap.
ABSTRACT
The purpose of this research were to know the improvement of students’ attitude toward additive contained food which is harmful for health and their cognitive ability. The method of the research was experimental study with pre-test and post-test design. The population was all of students class VIII of MTsN Rukoh Banda Aceh. The sample was taken randomly. The data were gathered by using attitude test (pre-test and post-test) and cognitive test (pre-test and post-test). The data from students’ attitude test were analyzed by using Gain analysis, while the result of cognitive test were analyzed by using t-test. The result showed that there was improvement of students’ attitude with the average score of pre-test was 61%, post-test 83%, and N-Gain was 56%. In cognitive test, the result showed that there was significant different between pre-test and post-test with tcount = 5,47 dan ttable = 1,67. It can be concluded that the implementation of problem- based learning could improve students’ attitude and cognitive ability.
Keywords: Problem Based Learning, Additives, Cognitive and Attitude.
39
TOTAL VIEWS
0
DOWNLOADS
ALTMETRICS
Similar Articles
- Bendelina Dimu Ratu, Agus Maramba Meha, Thedora Sarlotha Nirmala Manu, THE EFFECT OF THE QUANTUM LEARNING MODEL ASSISTED WITH VIDEO ON STUDENTS' COGNITIVE LEARNING OUTCOMES IN SMP NEGERI 5, KUPANG , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 9 No. 2 (2021): JURNAL BIOTIK
- Safriyadi Amisyah, Muhammad Ali S, Cut Nurmaliah, Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Problem Based Learning , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 2 (2013): Jurnal Biotik
- Evi Apriana, Anwar Anwar, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Konsep Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Halisah Suriani, PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMPS IT DARUL AZHAR ACEH TENGGARA , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 6 No. 1 (2018): JURNAL BIOTIK
- Kurnaidi Kurnaidi, PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK MODEL KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMA NEGERI 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 6 No. 1 (2018): JURNAL BIOTIK
- Teuku Fakhrizal, Uswatun Hasanah, UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 1 KLUET TENGAH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 8 No. 2 (2020): JURNAL BIOTIK
- Tuti Marjan Fuadi, Adlim Adlim, Mustafa Sabri, Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Sikap Siswa MAN Darussalam Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 1 (2013): Jurnal Biotik
- Lusni Tampubolon, Upaya Meraih Standar Kompetensi Mengendalikan Hama Tanaman Melalui Cooperative Learning Berorientasi Forward Looking Siswa Kelas XI SMKN 1 Karang Baru , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 2 (2013): Jurnal Biotik
- Wahyu Rizki, Cut Nurmaliah, Muhammad Ali Sarong, Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di MTsN Rukoh Kota Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 4 No. 2 (2016): JURNAL BIOTIK
- Nafisah Hanim, Zuraidah Zuraidah, Cut Ratna Dewi, Eriawati Eriawati, Ernilasari Ernilasari, Raihanul Muhsan, DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA BASED ON THE PROBLEM SOLVING METHOD USING PREZI FOR THE TOPIC OF ENVIRONMENTAL CHANGES , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 12 No. 1 (2024): JURNAL BIOTIK
You may also start an advanced similarity search for this article.
Most read articles by the same author(s)
- Finta Yani Afrizal, Mudatsir Mudatsir, M. Ali Sarong, Perbedaan Hasil Belajar Siswa MAN I Takengon Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dan Tipe Jigsaw Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- M. Ali Sarong, M. Rijal, Hanifuddin Hanifuddin, Mimie S., Asri Mursawal, Rudi Hermi, BIOTA DASAR PERAIRAN EKOSISTEM MANGROVE KABUPATEN ACEH JAYA PROVINSI ACEH , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 8 No. 1 (2020): JURNAL BIOTIK
- Cut Nisna Juwita, Samingan Samingan, M. Ali Sarong, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbasis Multimedia Terhadap Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Sakti Kabupaten Pidie Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Fakhrah Fakhrah, Muhibbuddin Muhibbuddin, M. Ali Sarong, Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Materi Pengklasifikasian Phylum Arthropoda Melalui Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Nurmaliah Nurmaliah, Suhrawardi Ilyas, Evi Apriana, Penggunaan Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Fadliyani Fadliyani, Muhibbuddin Muhibbuddin, M. Ali Sarong, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Nurlia Zahara, Djufri Djufri, M. Ali Sarong, Optimalisasi Pembelajaran Dengan E-Book Dan Media pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas X SMA Pada Materi Dunia Tumbuhan , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Suhendra Putra, M. Ali Sarong, Ismul Huda, POLA PERSEBARAN GASTROPODA DI EKOSISTEM MANGROVE SUNGAI REULEUNG LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 6 No. 1 (2018): JURNAL BIOTIK