References
Ariyanti, Eka. 2010 : Otomatisasi pengukuran koefisien viskositas zat cair menggunakan gelombang ultrasonik. Jurusan Fisika. Fakultas sains dan teknologi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang. Jawa Timur
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Bambang Subali.(2009). Pengembangan Tes Pengukur Keterampilan Proses Sains Pola Divergen Mata Pelajaran Biologi SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi, Lingkungan dan Pembelajarannya, Jurdik Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Umi Mahmudatun Nisa (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Jurnal Proceeding Biology Education Conference. ISSN: 2528-5742. Vol Volume 14, Nomor 1.
Hake, R, R. (1999).Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.
Nurliani (2018). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sungai Raya Pada Materi Asam Basa. Program studi pendidikan kimia jurusan pmipa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas tanjungpura. Pontianak