PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK USIA DINI

Herawati Herawati

Abstract


Negara dan rumah tangga yang aman, damai dan tentram itu terwujud dari
rakyat yang berakhlak mulia.Akan tetapi, fenomena sekarang menggambarkan
bahwa banyak masyarakat kita yang mengalami krisis akhlak mulianamun
sebaliknya akhlak buruk yang banyak dipertontonkan bahkan secara tidak
sengaja diajarkan pada generasi selanjutnya. Oleh karena itu pendidikan akhlak
sangat penting diberikan kepada anak sejak usia dini dengan tujuan anak dapat
mengetahui dan mengamalkan perbuatan yang baik yang harus dikerjakan baik
itu perbuatan yang berhubungan dengan tuhan, sesama manusia dan
lingkungannya.Pada masa anak usia dini atau masa keemasan sangat tepat untuk
meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan anak terutama mengenai
akhlak dan moral anak, keterlibatan orang tua sangat dibutuhkan pada masa ini.
Pengalaman yang keliru yang didapat anak sejak kecil akan berkontribusi
terhadap prilakunya dimasa yang akan datang. Dengan demikian, pendidikan
akhlak terutama pendidikan akhlak islami wajib diberikan kepada anak sebagai
modal menyogsong masa depan yang bahagia baik di dunia maupun di akhirat.

Keywords


Pendidikan, Akhlak, Anak Usia Dini.

References


Abuddin Nata, M.A, Akhlak Tasawuf, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.

Agus Sutiono, Dahsyatnya Hypnoparenting, Jakarta: Penebar Plus, 2011

Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya,

Jakarta: Kencana, 2011.

Ahmadamin, Etika (Ilmu Akhlak), Jakarta: Bulan Bintang, 1975.

Damanhuri, Kawasan Studi Akhlak, Banda Aceh: Arraniry Press, 2012.

Ibrahim Amini, Agar Tak Salah Mendidik, Jakarta: Al-Huda, 2006.

Masnur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional,

Jakarta: Bumi Asara, 2011.

Muhammad Muhyidin, Mengajar Anak Berakhlak Al-Qur’an, Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2008.

Riana Mashar, Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya, Jakarta:

Kencana, 2011.

Sutirna, Perkembangan & Pertumbuhan Peserta Didik, Yogyakarta: Andi Offset, 2013.

Sutarjo Adisusilo, Pembelajaran Nilai – Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai

Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif, Jakarta: Raja Grafindi Persada, 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.