PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1703Keywords:
Pendidikan, Akhlak, Anak Usia Dini.Abstract
Negara dan rumah tangga yang aman, damai dan tentram itu terwujud dari rakyat yang berakhlak mulia.Akan tetapi, fenomena sekarang menggambarkan bahwa banyak masyarakat kita yang mengalami krisis akhlak mulianamun sebaliknya akhlak buruk yang banyak dipertontonkan bahkan secara tidak sengaja diajarkan pada generasi selanjutnya. Oleh karena itu pendidikan akhlak sangat penting diberikan kepada anak sejak usia dini dengan tujuan anak dapat mengetahui dan mengamalkan perbuatan yang baik yang harus dikerjakan baik itu perbuatan yang berhubungan dengan tuhan, sesama manusia dan lingkungannya.Pada masa anak usia dini atau masa keemasan sangat tepat untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan anak terutama mengenai akhlak dan moral anak, keterlibatan orang tua sangat dibutuhkan pada masa ini. Pengalaman yang keliru yang didapat anak sejak kecil akan berkontribusi terhadap prilakunya dimasa yang akan datang. Dengan demikian, pendidikan akhlak terutama pendidikan akhlak islami wajib diberikan kepada anak sebagai modal menyogsong masa depan yang bahagia baik di dunia maupun di akhirat.References
Abuddin Nata, M.A, Akhlak Tasawuf, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996.
Agus Sutiono, Dahsyatnya Hypnoparenting, Jakarta: Penebar Plus, 2011
Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya,
Jakarta: Kencana, 2011.
Ahmadamin, Etika (Ilmu Akhlak), Jakarta: Bulan Bintang, 1975.
Damanhuri, Kawasan Studi Akhlak, Banda Aceh: Arraniry Press, 2012.
Ibrahim Amini, Agar Tak Salah Mendidik, Jakarta: Al-Huda, 2006.
Masnur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional,
Jakarta: Bumi Asara, 2011.
Muhammad Muhyidin, Mengajar Anak Berakhlak Al-Qur’an, Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2008.
Riana Mashar, Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya, Jakarta:
Kencana, 2011.
Sutirna, Perkembangan & Pertumbuhan Peserta Didik, Yogyakarta: Andi Offset, 2013.
Sutarjo Adisusilo, Pembelajaran Nilai – Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai
Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif, Jakarta: Raja Grafindi Persada, 2012