PEMBINAAN PROFESIONAL GURU TAMAN KANAK-KANAK MELALUI SUPERVISI

Authors

  • Nurmalina Nurmalina Dosen Tetap Jurusan Tarbiyah STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah, Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1704

Keywords:

Profesional Guru, Supervisi.

Abstract

Guru professional dituntut dengan sejumlah persyaratan minimal, antara lain; memiliki kualifikasi pendidikan profesi yang memadai, memiliki kompetensi kemampuan berkomunikasi dengan siswanya, mempunyai jiwa kreatif dan produktif, mempunyai etos kerja dan komitmen tinggi terhadap profesinya dan selalu melakukan pengembangan diri secara terus menerus melalui organisasi profesi, buku, seminar dan semacamnya. Guru yang professional amat berarti bagi pembentukan sekolah unggulan. Supervisi merupakan bantuan, arahan dan bimbingan dari pihak atasan pada bawahannya. Supervisor secara kontinu memberikan arahan, bimbingan, pengawasan serta penilaian terhadap berbagai masalah yang berhubungan dengan pengembangan dan perbaikan mengajar guru serta yang berkaitan dengan bidang profesinya. Salah satu kegiatan untuk membina guru menjadi professional adalah melalui supervisi. Fungsi dari pelaksanaan supervisi adalah mengontrol dan mengkoordinasikan penyelenggaraan pendidikan taman kanak-kanak dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan kualitas taman kanak-kanak secara keseluruhan dari proses belajar, pengajar dan administrasi sekolah yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan supervisi harus dilakukan secara terencana dan terorganisir dengan sebaik-baiknya sehingga secara terus menerus dapat meningkatkan kemampuan professional kepala sekolah dan guru taman kanakkanak.

Author Biography

  • Nurmalina Nurmalina, Dosen Tetap Jurusan Tarbiyah STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah, Aceh
    Dosen Tetap Jurusan Tarbiyah STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah, Aceh

References

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Bafadal, Ibrahim, Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-kanak, Jakarta:

Bumi Aksara, 2012

Daryanto, Administrasi dan Manajemen Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2013

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Bahan Dasar Peningkatan Wawasan

Kependidikan Guru TK Program Kegiatan Belajar Pengembangan Agama Islam,

Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1993

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar

Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Purwanto, Ngalim, Supervisi dan Administrasi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda

Karya, 2007

Suhardan, D, Standar Kinerja Guru dan Pengaruhnya Terhadap Pelayanan Belajar

dalam Mimbar Pendidikan, Bandung: UPI, 2010.

Supriadi, Dedi, Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adicita Karya

Nusa, 1999

Yahya, Murip, Profesi Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013

Zahroh, Aminatul, Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi

Profesionalisme Guru, Bandung: Yrama Widya, 2015

Published

2017-08-23

Issue

Section

Articles