References
Aminah, Ihda Alam Niswatun dan Mohammad Ahyan Yusuf sya’bani. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI Vol. 6, no. 2 (2023): 2.
Aranggere, Wahdina Salim,dkk. “Impelementasi Program Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Di MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang.” Pendidikan Islam 7, no. 3 (2022): 152.
Amalia, Jihanna dan Muh. Wasith Achadi. “Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Materi PAI Pada Kelas 10 SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta.” Jurnal Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 3, no. 1 (2023): 46.
Basri, Hasan. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Negeri 1 Yogyakarta.” Jurnal Murobbi Ilmu Pendidikan Vol. 7, no. 1 (2023): 44.
Cahaya. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Di Era Digital.” Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam Vol. 3, no. 2 (2022): 14.
Damanik, Surya Darma. “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 38 Medan.” Jurnal Manajemen Akuntansi Vol. 3, no. 4 (2023): 2619.
Fadhli, Rahmad. “Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia Vol. 5, no. 2 (2022): 148.
Gani, Annisa Melani dan Erizal. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 16 Padang.” Journal of Education Dan Humanistik Vol. 1, no. 12 (2023): 24.
Hardani. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif . Mataram: CV. Pustaka Ilmu, 2020.
Hamzah, Mohamad Rifqi, dkk. “Kurikulum Merdeka Belajar Sebagai Wujud Pendidikan Yang Memerdekakan Peserta Didik.” Arus Jurnal Pendidikan Vol. 2, no. 3 (2023): 223.
Hudri, Salman dan Khotibul Umam. “Konsep Dan Implementasi Merdeka Belajar Pada Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Journal of Islamic Studies 2, no. 1 (2022): 59.
Iqbal, M, dkk. “Kurikulum Dan Pendidikan (Merdeka Belajar Menurut Perspektif Humanism Arthur W Combs).” Jurnal Pendidikan Vol. 10, no. 2 (2022): 281.
Ibrahim. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.
Mulyana, Cahaya, dkk. “Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 12 Bandung.” Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 8, no. 1 (2023): 2.
Muhartono, Djoko Siswanto, Dkk. “Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar.” Jurnal Publiciana Vol. 16, no. 1 (2023): 7.
Muharrom, Aslan Jaelani. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Pusat Keunggulan SMK Muhammadiyah Sintang.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal Vol. 3, no. 5 (2023).
Mulyasa. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bandung: PT Bumi Aksara, 2021.
Ngafifi, Muhammad. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Pembangunan Pendidikan Dan Aplikasi 2, no. 1 (2014): 47.
Nurzila. “Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Perlu Strategi Tepatguna.” Jurnal Literasiologi Vol. 8, no. 4 (2022): 96.
Sahnan, Ahmad dan tri Wibowo. “Arah Baru Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Sittah Vol. 4, no. 1 (2023): 38.
Sukmawati, Anis. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal El-Banat Vol. 12, no. 2 (2022): 123.
Suja'i, Cecep Abdul Muhlis. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Nurul Qomar.” Jurnal Hasbuna Vol. 1, no. 2 (2023): 167.
Pillawaty, Shinta Sri, dkk. “Implementasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Edufest Vol. 1, no. 1 (2023): 650.
Susilowati, Evi. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al Miskawih Vol. 1, no. 121 (2022).
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2019.
Qomaruddin, Farid. “Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MA Nasyi’in Sidoarjo.” Jornal of Applied Linguistics and Islamic Education Vol. 6, no. 2 (2022): 262.
Wahyuningsari, Desy, dakk. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Jendela Pendidikan Vol. 2, no. 4 (2022): 532.