PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMAN 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Shodikin, “Abduktif-Deduktif: Strategi Baru Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan PemecahanMasalahâ€. INSIGT. V. 1, 2016.
Anna Fauziah dan Sukasno, Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMAN 1 Lubuklinggau. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, Vol. 4, No.1, Februari 2015. Diakses pada tanggal 29 november 2016 dari situs: https://e journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/67.
Erman Suherman Ar, dkk. 2001. Common Text Book: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Hafid Wicaksana, Budi Usodo, Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi himpunan Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa, Jurnal Pembelajaran Matematika (4)3.//https://scholar.google.com/citations?hl=en&view_op=list_works&authuser=1&gmla=AJsN-F4iWXGflodwH-QS-M-0Z0K7MWfZAN2cx85tTyfhT3NAAUYj0Ma9VUtdXPt_6M8uy2K5aU2B6hx5SPsriUEJXomoHUW1lIbF9yncQxbhdsSmtpNgr8CSs04Q65Zc9p6S-iddn8VR&user=DQ9tzTQAAAAJ
Herman Hudojo. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
James Hiebert, Douglas A Grouws. The effects of classroom mathematics teaching on students’ learning. Second handbook of research on mathematics. Vol.1 , 2007. H. 371-404.
Koeno Gravemeijer, Michiel Doorman, Context problems in realistic mathematics education: A calculus course as an example. Kluwer Academic Publishers: Educational studies in mathematics, 1999, h. 11-129
Marlenawati, Victoria Karjiyati, danDalifa,Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 113 Bengkuluselatan, Universitas Bengkulu (online): http: //repository.unib.ac.id/eprint/8970
M. Ali Hamzah dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika, Jakarta: Rajawali Pers.
M.F. Atsnan dan Rahmita Yuliana Gazali, Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan), Disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 9 November 2013 Diakses pada tanggal 10 November 2016 dari situs https://eprints.uny.ac.id/10777/1/p-54.pdf.
Ridwan Abdullah Sani. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Impementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2011.Metode Penelitian Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara.
Utari Sumarmo, Pedoman Pemberian Skors Pada Beragam Kemampuan Matematik, (Bandung: Stikip Siliwangi, 2016), h. 3, Diakses pada tanggal 1 Desember 2016 dari situs http://utari-sumarmo.dosen.stkipsiliwangi.ac.id/files/2016/05/Pedoman-Pemberian-Skor-Tes-Kemampuan-Berpikir-Matematik-dan-MPP-2016-1.pdf.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v18i1.3085
Refbacks
- There are currently no refbacks.
except where otherwise noted.