PEMBELAJARAN KIMIA INOVATIF UNTUK MELATIH SISWA MENJELASKAN DAN MENYELESAIKAN MASALAH

Mujakir Mujakir, Rusydi Rusydi

Abstract


Kemampuan peserta didik menjelaskan contoh konsep sangat kurang. Fakta tersebut diperoleh dari hasil pendampingan yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan Madrasyah Aliyah Negeri yang menjadibinaan UIN Ar-raniry Banda Aceh. Berdasarkan fakta di atas peneliti melakukan pengabdian berbasis riset yang dibiayai oleh DIKTIS tahun anggaran 2018. Tujuan penelitian adalah mendesain pembelajaran kimia inovatif dengan melibatkan tiga level representasi kimia. Desain pembelajaran ini, di dalam implementasinya, menggunakan prosedur spesifik, yaitu parafrase, elaborasi, latihan rutin dan nonrutin, dan cek kembali. Prosedur tersebut dirancang untuk melatih peserta didik menganalisis dan menjelaskan konsep. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri atas lembar validasi, lembar pengamatan pendampingan, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran yang dikembangkan, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Data kuanitatif terdiri atas (a) data hasil validasi desain yang dikembangkan dan (b) data hasil belejar setelah pendampingan implementasi di dalam kelas, sedangkan data yang dianalisis secara kualitatif, yaitu (a) hasil pendampinga nmendesain pembelajaran, (b) hasil pendampingan implementasi di dalam kelas. Berdasarkan hasil progress penelitian yang telah dilaksanakan dapat dikatakan bahwa desain pembelajaran yang dikembangkan dapat membuat peserta didik lebih teliti, terampil dalam menjelaskan konsep kimia, dan sentitif terhadap fenomena kimia.


Keywords


pembelajaran, kimia inovatif

Full Text:

PDF

References


Anderson, O.W. Kartwohl, D.R. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pangajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Bloom). Yogyakarta. Pustaka Pelajar, 2010.

Guzet Buket Y., & Emine A., Use of multiple representations in developing preservice chemistry teachers’ understanding of the structure of matter, International journal of environmental & Science Education, 2013.

Johnstone A. H., The Development of Chemistry Teaching A Changing Response to Change Demand. Symposium on evolution and Evolution in Chemical Education, 1993.

Mujakir, Bulu Nasrun, Multiple level representasi (MLR) untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah kimia. Makalah Seminar Nasoinal PPS Pendidikan Sains UNESA, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, 2014.

Nicolaidou Iolie, Kyza Eleni A., Terzian Frederiki, HadjichambiAndreas S., Kafouris Dimitris, A Framework for Scaffolding Students’ Assessment of the Credibility of Evidence. Journal Of Research in Science Teaching, 2011.

Nieveen, N., Prototyping to reach product quality. In Akker, J. V. D., Branch, R. M., Gustafson, K., Nieeven,N., dan plomp, T. (Eds.), Design Approaches and Tools in Education and Training, Netherlands, Springer, 1999.

Nieveen, N., Formative evaluation in educational design research. In T Plompo and Nieveen (Eds.), An Instruction to Educational Design Research. Enschede: SLO, Nederlands, Netherlands Institute for Curriculum Development 2007.

Permendikbud RI No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, 2013.

Rob Wass, Tony Harland & Alison Mercer, Scaffolding critical thinking in the zone of proximal development. Higher Education & Development, 2011.

Russell, J.W., “Use of Simultaneous-Synchronized Macroscopic, Microscopic, and Symbolic Representations to Enhance the Teaching and Learning, 1997.

Russell, Kozma, R., & Joell. (2005). Modeling students becoming chemists: developing representational competence. In J. Gilbert (Ed.), Visualization in Science Education. Nederlands, Springer, 2005.

Santrock, Educational Psychology Fifth Edition. New York, McGraw Hill, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta, 2016.

Treagust, D.F., Chittleborough & Mamiali, The role of submicroscopic and symbolic representations in chemical explanation. International Journal of Science Education, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v20i1.4450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by:
 
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
except where otherwise noted.