EFEKTIVITAS dan EFISIENSI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (StudiPembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Buku al-Arabiyah Baina Yadaika di Ma’had Abu Bakar Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Abdul Ghofur Yasir

Abstract


Sebuah tinjauan proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Buku ABY di Ma’had Abu Bakar UMS. Rata-rata mahasiswa yang mengikuti perkuliahan bahasa Arab di Ma’had Abu Bakar tidak memiliki basic bahasa Arab dengan baik, namun bisa menghasilkan output yang kompetitif. Maka penelitian ini akan lebih mempertajam pada aspek output (hasil) untuk mendapatkan informasi yang tepat penggunaan Buku ABY. Penulis mengkaji menggunakan metode kualitatif di setiap aktifitas kerja, konsep-konsep kerja maupun hal-hal lain yang berhubungan dengan proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini memfokuskan kajiannya pada Pembelajaran Bahasa Arab untuk Tahun Akademik 2011/2012. Subyek dan Informan dari penelitian ini meliputi Pengelola, Dosen, Karyawan dan Mahasiswa Ma’had Abu Bakar As Shidiq Surakarta Tahun Akademik 2011/2012. Hasilnya ditemukan beberapa faktor antara lain tema yang disajikan dalam buku tersebut sangat familiar, dirancang sesuai dengan kurikulum yang berkembang, durasi pembelajaran yang efektif, dosen pengampu yang memiliki kualifikasi dan kompetensi bahasa Arab yang baik, lingkungan kampus yang kondusif, serta didukung aspek-aspek administratif yang disajikan dalam bahasa Arab.


Keywords


efektifitas, efesiensi, pembelajaran bahasa arab

References


Al-Fauzan, Abdurrahman bin Ibrahim dkk. Al-Arabiyah Baina Yadaika, Al-Mujallad al-Tsani, Al-Arabiyah li al-Jami’. Saudi Arabia: Muassasah al-Waqfi al-Islami, 2002.

Dadang Suhendar dan Iskandarwassid. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Rosdakarya, 2008.

Hamdani, Adz-Dzakkiey, B, Prophetic Intelligence (kecerdasan Kenabian) Jogjakarta, Pustaka al-Furqan, 2004.

Jalaluddin Rakhmat, principles of similarity: Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

M.Quraish Shihab, Perjalanan Menuju Keabadian: Kematian, Surga dan Ayat-ayat Tahlil, Jakarta: Lentera Hati, 2001.

Muhibbin Syah, Pendidikan Pembebasan, Yogyakarta: Aksara Indonesia, 2001.

Mulyamah, Manajemen Perubahan, Jakarta: Yudistira, 2015.

Norris G. Haring, Barbara D. Bateman. Teaching the Learning Disabled Child. Prentice-Hall, 1977.

Rusydi Ahmad dan Mahmud Kamil Naqah Thuaimah, Ta’limu al-Lughah Ittishaliyyan baina al Manahij wa al Istiratijiyah, 2006.

Siagian, Sondang P., Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Sumarsono, Sonny, Metode Riset Sumber Daya Manusia, Jember: Graha Ilmu, 2004.

Sutopo, H.B, Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitia, Surakarta : UNS Press, 2002.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Thuaimah, Rusydi Ahmad, Manahiju Tadrisi al Lughah al Arabiyah bi al Ta’limi al Asasi. Kairo: Dar al Fikri al Arabi,1998.

Thuaimah, Rusydi Ahmad, Ta’limu al Arabiyah li Ghairi al Nathiqina biha: Manahijuhu wa Asalibuhu. Riyadl: ISESSCO, 1989.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v20i1.4767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Didaktika

Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran

 


All works are licensed under CC-BY

Statistik Pengunjung

© Jurnal Ilmiah Didaktika 2019. Published by Center for Research and Publication UIN Ar-Raniry; All rights reserved.
This website has been viewed hit counter website times.
 
 
Indexed by: