PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTU MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperative tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media gambar pada materi penyajian data. Penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 4 Teluk yang terdiri dari 35 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Alat pengumpulan data yaitu tes, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, lembar observasi hasil belajar ranah afektif siswa serta lembar obervasi hasil belajar ranah psikomotor siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantun media gambar dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada materi penyajian data kelas V B SDN 4 Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daryanto & Syaiful, K., Pembelajaran Abad 21, Yogyakarta: Gava Media, 2017.
Ernawita, Karakteristik Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Mipa III, Tanggal 30 Oktober 2017. Banda Aceh: UNISYIAH, 2017.
Esminarto dkk, Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 2016, hal. 16-23.
Fatoni, Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Strategi Problem Based Learning Terhadap Kerjasama dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD, Jurnal Review Pendidikan Dasar, 5 (2), 2016, hal. 84-91.
Inkeeree, H. K., Mohd, S. O. F., & Mohamad, K. H. O., The Effects of Student Achievement-Division (Stad) on a Achievement and Retention in Mathematics Thai Students. European Journal of Education Studie, 5 (2), 2018, hal. 33-47.
Kamarullah, Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1 (1), 2017, hal. 21-23.
Kemendikbud Panduan Pembelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), Jakarta: Direktoral Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2016.
Ling, W. N., & Mohd, I. G., The Effectiveness of Student Teams Achievement Division (STAD) Cooperative Learning on Mathematics Comprehension Among School Students. International Journal of Humainities and Social Science Research, 2 (4), 2016, hal. 30-35.
Maulana, dkk., Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press, 2015.
Ormrod, J.E., Human Learning, Ohio: Pearson, 2004.
Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A., Belajar dan Pembelajaran, Depok: Rajawali Pers, 2018.
Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
Santrianawati, Media dan Sumber Belajar, Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Shadiq. F., & Nur. A. M., Penerapan Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika, 2012.
Simamora, E. W., Effect of Cooperative Learning Model Type Student Team Achivement Division on the Ability of Understanding Mathematic Concept Student Fifth Grade Elementary School. Internation Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 3 (3): 2017, hal. 34-40.
Slavin, R. E., Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media, 2015.
Sudjana, N., Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2015.
Tohari, E. R., Nurdinah, H., & Asep, K., J., Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) melalui Permainan Tulis Kata untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jenis-Jenis Usaha Ekonomi. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 2016, hal. 241-250.
Yulandra. R & Pratiwi. P., Penerapan Model Pembelajaran STAD dan SAVI untuk Meningkatkakn Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Mandurian Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan: Jurnal Ilmiah Didaktika, 19 (1), 2018, hal. 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v21i1.4850
Refbacks
- There are currently no refbacks.
except where otherwise noted.