REFORMASI SEKOLAH (STUDI KRITIS TERHADAP PEMIKIRAN IVAN ILLICH)
Abstract
Ada di antara para pemikir modern yang selama ini mengkritisi eksistensi persekolahan karena dipandang belum memenuhi harapan manusia pada umumnya. Keberadaan sekolah belum dilaksanakan untuk mencapai fungsi sejatinya dalam hal humanisasi. Sebaliknya, justru melalui berbagai macam aktifitas, pendidikan seringkali tidak mengembangkan otonomi individu. Pendidikan hanya berjalan sebagai monopoli radikal dalam hal pembelajaran dan teknologi yang hanya berusaha memenuhi keinginan segelintir orang yang memiliki otoritas tertentu. Ivan Illich, salah seorang pemikir revolusioner, mengusik para pemerhati pendidikan untuk mengkritisi eksistensi lembaga pendidikan. Lebih lanjut lagi, dia juga menggulirkan usulan untuk melakukan reformasi persekolahan. Di satu sisi lahirnya pemikiran yang mengkritisi lembaga-lembaga pendidikan pada dasarnya bersifat positif, tapi di sisi lain ide ini juga tidak bisa diterima begitu saja. Para pendidik juga perlu mengkritisi ide-ide penyadaran tersebut.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v14i1.498
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This journal has been indexed by:
DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .
except where otherwise noted.
except where otherwise noted.