References
BSNP, Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Badan Standar nasional Pendidikan (BSNP) Departemen Pendidikan Nasional, 2006.
Burhan Nurgiyantoro, dkk., Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosil,. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2009.
, Penilaian Pembelajaran Bahasa, Yogyakarta: BPFE, 2013.
Hake dan R. Richard, ¬Analyzing Change/Gain Scores, Amerika: American Educational Research Methodology, 1999, hal. 48.
Kemal dan Isthifa, “Upaya Peningkatan Keterampilan Membuat Kalimat Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Alafan Kabupaten Simeulue”, Jurnal Tunas Bangsa, Vol. 2, No.1, 2015, hal. 47-71.
Maharaja dan Rentika Sari, “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran STAD terhadap Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016”, Skripsi Tidak diterbitkan, Medan: Unimed, 2016.
Muhammad Arif dan Ansari Saleh Ahmar, Penelitian Eksperimen: Merancang, Melaksanakan dan Melaporkan, Makasar: Andira Publisher, 2014.
Ni Made Supantini, I Dewa Gede Budi Utama, dan I Made Astika, “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Satu Atap Tejakula Tahun Pelajaran 2016-2017, e-jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, Undiksha, Vol.7, No.2. 2017, hal.1-12.
Nurchasanah dan Widodo, Keterampilan Menulis dan Pengajarannya, Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, 1993.
Ryvafie Damani, Misteri Elang Perak, Bandung: Syaamil, 2003.
Santoso, Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS Versi 11.5, Jakarta: Gramedia, 2005.
Sigit Widiyarto, “Pengaruh Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Pemahaman Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Narasi”. Jurnal Lectura, Vol.8, No.1, 2017, hal.82-89.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009.
T. Anggoro, Metode Penelitian, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
Titik Dwi Fajariani, “Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Cooperative Learning Tipe STAD Siswa Kelas IV SDN Ketawanggede 1 Malang”, Skripsi Tidak diterbitkan, Malang: UM, 2011.
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.
Yunita Dongoran dan Wisman Hadi, “Pengaruh Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Membedakan Karangan Deduktif Dan Induktif pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014”, Artikel Skripsi, Medan: Unimed, 2014.