ANALISIS MATERI IPA KELAS IV TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DENGAN HOTS

Ismuhul Fadhil Azam, Moh. Agung Rokhimawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi IPA kelas IV tema indahnya kebersamaan dengan HOTS. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi pustaka (library research). Data primer yang digunakan adalah buku tematik  (buku guru dan buku siswa) pada halaman 1-168, kelas IV tema indahnya kebersamaan dengan 3 subtema, kompetensi inti, kompetensi dasar. Kemudian merumuskan indikator sesuai taksonomi bloom (C4-C6). sedangkan data sekundernya adalah teori-teori maupun gagasan dari buku dan jurnal ilmiah yang relevan. Analisis data dilakukan dengan analisis isi (content analysis). Teknik analisis data yang terkumpul berupa tulisan yang menjadi dasar analisis mengacu pda instrumen buku Tematik. Hasil penilitan menunjukkan bahwa terdapat 26 indikator yang memuat HOTS, yaitu 9 indikator di subtema 1, 8 indikator di subtema 2, dan 9 indikator di subtema 3. Materi IPA yang terdapat dalam buku tematik kelas IV edisi revisi 2017 terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut sudah relevan dengan HOTS.


Keywords


Materi IPA, Tema Indahnya Kebersamaan, HOTS

References


Achmad Fanani, “Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V”, Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 2019.

Abdul Malik, dkk, “Deskripsi Kebutuhan HOTS Assesment Pada Pembelajaran Fisika Dengan Metode Inkuiri Terbimbing”, Prosiding Seminar Nasional Fisika, E-JOURNAL SNF2015, 4, 2015.

Angi Anggari St dkk, Tematik Terpadu: Buku guru dan siswa, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Febi Ariani Saragih, “Penerapan Metode HOTS (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pembelajaran Bahasa Jepan”, Journal Of Japanese Language Education Lingustics, 3(2), 2019.

Fajriyah, “Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SD Pilot Project Kurikulum 2013 Kota Semarang”, Elementary School, 5(1), 2018.

Husna Nur Dinni, HOTS (Higher order thinking skills) Dan Kaitannya Dengan Literasi Matematika, PRISMA : Proseding Seminar Nasional Matematika, 2018.

Handayani, Dkk, RADEC : An Alternative Learning Of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Students Of Elementary School On Water Cycle, Journal of Physics : Conference Series, 2019.

Lilik Setiyaningsih dan Arta Ekayanti, “Keterampilan Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Kemampuan Number Sense”, Jurnal Didaktika Matematika, 6(1): 2019.

Murtafiah, “Upaya Peningkatan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini Melalui Riset Pengembangan Metode Higher Order Thinking Skills (HOTS)”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 2019.

Noven Kusainum, “Relevansi Materi Pokok Matematika Pada Tema 1 Kelas 1 SD Dengan HOTS (Higher Order Thinking Skills)”, Jurnal JPSD, 6(1), 2019.

Peraturan Kementrian Pendidikan dan Budaya, No, 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Kementrian Pendidikan dan Budaya, No, 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rina Rahmi dan Iin Nurhalizah, “Pendidikan Dasar Yang Menumbuhkan HOTS (Higher Order Thinking Skills): Analisis Materi Pokok Bahasa Indonesia MI/SD Buku Tematik Kelas IV”, Albidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(2), 2019.

Siti Fatimah dan Ika Kartika, “Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter”, Albidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(5), 2013.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Tikkanen, G, dan Aksela, M, “Analysis of Finnish chemistry Matriculation Examination questions according to Cognitive Complexity”, Nordina Journal, 8(3), 2012.

Yuniar Dkk, Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) Pada Soal

Objektif Tes dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis, Jurnal Pedadidaktika, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v21i1.5970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by:
 
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
except where otherwise noted.