KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE ALUMNI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Asyraf Muzaffar, Ade Irfan, Tabrani ZA Tabrani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pedagogical content knowledge alumni Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif naturalistik dengan pendekatan kualitatif. Data pedagogical content knowledge diperoleh dari alumni melalui wawancara dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pedagogical content knowledge alumni Pendidikan Bahasa Arab sudah baik. Dimana dari empat komponen pedagogical content knowledge, tiga diantaranya sudah terpenuhi dengan maksimal dan baik yaitu pengetahuan tentang materi, representatif dan strategi pengajaran, serta tujuan dan konteks pembelajaran. Meskipun alumni masih memiliki kemampuan yang rendah dalam mempersiapkan interaksi dan suasana belajar yang baik bagi siswa. Sementara komponen pengetahuan tentang pemahaman siswa masih rendah. Alumni tidak mengetahui kemampuan awal siswa sebelum memasuki kelas, tidak mengidentifikasi kesulitan belajar siswa sebelum memasuki kelas, tidak menggunakan metode penilaian untuk mengevaluasi pemahaman siswa mengenai pelajaran, serta tes yang diberikan belum membantu siswa menyadari situasi belajarnya. Meskipun demikian alumni telah mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang topik yang diajarkan selama pembelajaran di kelas, menggunakan pendekatan berbeda dengan diskusi dan tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, dan memfasilitasi siswa memahami materi pelajaran melalui scaffolding walaupun belum maksimal.


Keywords


Pedagogical Content Knowledge, Pendidikan Bahasa Arab, UIN Ar-Raniry

References


Aulia, L. & E. L. Napitupul, Nilai Rata-rata Sementara UKG 44.5, Dari Kompas. com diakses 10 Mei 2020.

Detiknews, Kemendikbud terima 837 laporan tentang UN SMA 213 terkait kecurangan, https://News.Detik.com, diakses 10 Mei 2020.

Gardner, A. L. & J. Gess-Newsome, A PCK Rubric to Measure Teachers’ Knowledge of Inquiry-Based Instruction Using Three Data Sources, Paper National Association for Research in Science Teaching (NARST), 2019.

Hilmi, Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pmebelajaran Bahasa Arab, Lantanida Journal, 4(2), 2016.

I Kintamani, Kementerian pendidikan dan kebudayaan pusat data dan statistik pendidikan dan kebudayaan tahun 2016. 2016.

J. L. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Remadja Karya, 2002.

Jailani, Penggunaan Peta Konsep untuk Belajar Bermakna dan Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Biologi, Jurnal Serambi PTK, 3(2), 2016.

Jang, S. J. & Kuan-Chung Chen, From PCK to TPACK: Developing a Transformative Model for Pre-Service Science Teachers, J. Sci Educ technol 19, 2010.

Loughran, J, dkk. Understanding and Developing Science teacher’s Pedagogical Content Knowledge 2nd Edition, AW Rotterdam-Netherland: Sense Publisher, 2012.

Miles, M. B & A. M. Huberman, Qualitative data analysis, Jakarta: UI Press, 1994.

Muh. Zein, Peran Guru dalam pengembangan Pembelajaran, Jurnal Inspiratif Pendidikan, Volume 5 Nomor 2, 2016.

PP Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru, dari simpuh.kemenag.go.id, diakses 10 Juni 2020.

Rahmadhani, Yeni, dkk, Pedagogical Content knwoeldge Guru dalam Pembelajaran Biologi SMA di Kota Cimahi, Proseding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains, 2016.

Ramadhan, B, Tawuran Pelajar Bukti Kegagalan Pendidikan, dari https://www.Republika.co.id, diakses 10 Mei 2020.

Rini Sartika, Pengaruh Strategi pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa MIN Sei Mati Medan, 3(1), 2019.

Shulman, L. S, Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching, USA: Educational Researcher, 1986.

Yuli Yanna Fauzie, Bank dunia: kualitas pendidikan indonesia masih rendah, Dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup, diakses 10 Mei 2020.

-------, Knowledge and Teaching: Foundations of the New Reform, USA: Harvard Educational Review, 1987.

Siti Aisah, Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemampuan Awal Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa MAN Lhokseumawe, Thesis, 2010.

Suryawati, dkk, Analisis Keterampilan Technological Pdagogical Content Knowledge Guru Biologi SMA Negeri Kota Pekan Baru, Jurnal Biogenesis, 11 (1), 2014.

Van Driel, J. H & Berry, A, Pedagogical Content Knowledge, International Ecyclopedia of Education (pp.656-661), Academic Press, 2010.

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur, Bandung: Remaja Roskadarya, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v21i1.7129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal has been indexed by:
 
 
 
Creative Commons License
This work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
except where otherwise noted.