Vol 12, No 1 (2011)

Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus 2011


Cover Page


Pada edisi kali ini, Jurnal Ilmiah Didaktika yang concern dengan pengembangan dunia pendidikan dan pembelajaran menampilkan beberapa artikel yang secara umum diklasifikasi dalam beberapa topik meliputi: strategi pembelajaran dan pemanfaatan media, pengembangan kurikulum dan pembaruan metodologi pendidikan Islam serta filsafat pendidikan Islam. Beberapa artikel yang membahas tentang strategi pembelajaran dan pemanfaatan media adalah: Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Pembelajaran Berbasis Siswa yang ditulis oleh Jamaluddin; Hasil Belajar Bahasa Inggris dan Keterampilan Guru Dalam Mengajar yang ditulis oleh Ramli; Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah yang ditulis oleh Amna Emda; Revitalisasi Teknologi Informasi dan Pendidikan (Sebuah Tantangan Baru Bagi IAIN Ar-Raniry) yang ditulis oleh Yusri M. Daud. Selanjutnya artikel-artikel yang memfokuskan pembahasan pada topik pengembangan kurikulum adalah: Tugas Guru Sebagai Pengembang Kurikulum yang ditulis oleh Azhar M. Nur; Kompetensi Lulusan Fakultas Tarbiyah dalam Menghadapi Pasar Global yang ditulis oleh Maidar Darwis. Berikutnya yang membahas tentang pembaruan metodologi pendidikan Islam adalah: Islamisasi Pendidikan di Sekolah: Sebuah Harapan dan Tantangan yang ditulis oleh Ridhwan M. Daud; Perbandingan Konsep Dasar Pendidikan Antara Dewey dan Asy-Syaibani yang ditulis oleh Syabuddin Gade; Perspektif Psikologi Pembelajaran Terhadap Pemanfaatan Internet yang ditulis oleh Syarwan Ahmad; The Idea of Mahmud Yunus to Reform Arabic Teaching yang ditulis oleh Eka Srimulyani; Mu’jam `Arabi dan Urgensinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Agama Islam yang ditulis oleh Suhaimi; dan Metodologi Pendidikan Al-Ibrah dalam Al-Qur’an (Kajian Historis-Paedagogis terhadap Kisah Nabi Ibrahim dalam Surat Maryam ayat 42-48) yang ditulis oleh Ismail Ansari. Satu artikel lain yang tidak kalah menarik adalah yang ditulis oleh Maria Ulfah yang membahas implementasi tadīb dalam pendidikan karakter.

Tulisan-tulisan di atas dengan fokus kajian masing-masing tentu saja merupakan sumbangsih berharga dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan nasional. Terlepas dari kekurangan yang ada, artikel-artikel tersebut tentu menarik untuk dikaji dan didiskusikan secara lebih komprehensif.

Pada edisi kali ini, Dewan Redaksi Jurnal Ilmiah Didaktika secara khusus mengucapkan rasa terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Mitra Bestari kami, Dr. Jeffrey Ayala Milligan dari Florida State University, USA, yang telah ikut berkontribusi dalam membaca dan memberikan saran terhadap artikel yang dimuat.