Pada edisi kali ini, Jurnal Ilmiah Didaktika yang concern dengan pengembangan dunia pendidikan dan pembelajaran menampilkan beberapa artikel yang secara umum diklasifikasi dalam beberapa topik meliputi: strategi pembelajaran dan pemanfaatan media, pengembangan kurikulum dan pembaruan metodologi pendidikan Islam serta filsafat pendidikan Islam. Beberapa artikel yang membahas tentang strategi pembelajaran dan pemanfaatan media adalah: Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Pembelajaran Berbasis Siswa yang ditulis oleh Jamaluddin; Hasil Belajar Bahasa Inggris dan Keterampilan Guru Dalam Mengajar yang ditulis oleh Ramli; Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah yang ditulis oleh Amna Emda; Revitalisasi Teknologi Informasi dan Pendidikan (Sebuah Tantangan Baru Bagi IAIN Ar-Raniry) yang ditulis oleh Yusri M. Daud. Selanjutnya artikel-artikel yang memfokuskan pembahasan pada topik pengembangan kurikulum adalah: Tugas Guru Sebagai Pengembang Kurikulum yang ditulis oleh Azhar M. Nur; Kompetensi Lulusan Fakultas Tarbiyah dalam Menghadapi Pasar Global yang ditulis oleh Maidar Darwis. Berikutnya yang membahas tentang pembaruan metodologi pendidikan Islam adalah: Islamisasi Pendidikan di Sekolah: Sebuah Harapan dan Tantangan yang ditulis oleh Ridhwan M. Daud; Perbandingan Konsep Dasar Pendidikan Antara Dewey dan Asy-Syaibani yang ditulis oleh Syabuddin Gade; Perspektif Psikologi Pembelajaran Terhadap Pemanfaatan Internet yang ditulis oleh Syarwan Ahmad; The Idea of Mahmud Yunus to Reform Arabic Teaching yang ditulis oleh Eka Srimulyani; Mu’jam `Arabi dan Urgensinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Agama Islam yang ditulis oleh Suhaimi; dan Metodologi Pendidikan Al-Ibrah dalam Al-Qur’an (Kajian Historis-Paedagogis terhadap Kisah Nabi Ibrahim dalam Surat Maryam ayat 42-48) yang ditulis oleh Ismail Ansari. Satu artikel lain yang tidak kalah menarik adalah yang ditulis oleh Maria Ulfah yang membahas implementasi tadīb dalam pendidikan karakter.
Tulisan-tulisan di atas dengan fokus kajian masing-masing tentu saja merupakan sumbangsih berharga dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan nasional. Terlepas dari kekurangan yang ada, artikel-artikel tersebut tentu menarik untuk dikaji dan didiskusikan secara lebih komprehensif.
Pada edisi kali ini, Dewan Redaksi Jurnal Ilmiah Didaktika secara khusus mengucapkan rasa terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Mitra Bestari kami, Dr. Jeffrey Ayala Milligan dari Florida State University, USA, yang telah ikut berkontribusi dalam membaca dan memberikan saran terhadap artikel yang dimuat.