EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DALAM MENIGKATKAN KEPERCAYAAM DIRI SISWA DI MAN DARUSSALAM ACEH BESAR

Sulma Mafirja, Fatimah Ibda Sulma Mafirja, Fatimah Ibda

Abstract


Kepercayaan diri merupakan kemampuan individu dalam mengungkapkan argumen atau pendapat di dalam suatu kelompok belajar. Namun, kepercayaan diri sering kurang diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran, karena dianggap kemampuan akademik lebih penting. Padahal kepercayaan diri merupakan salah satu faktor pendorong dalam mencapai keberhasilan baik secara akademik maupun non akademik dan salah satu upaya yang dapat meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan konseling kelompok. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui efektivitas  konseling kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN Darussalam Aceh Besar dan untuk mengetahui pelaksanaan konseling kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN Darussalam Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode penelitian pre-experimental designs dengan jenis desain kelompok one-group pretest-postest. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan skala kepercayaan diri, skala respon siswa dan lembar observasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji Wilcoxon pada skala kepercayaan diri dan menggunakan persentase pada skala respon dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di MAN Darussalam Aceh Besar, kemudian pelaksanaan konseling kelompok yang dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dalam konseling kelompok, sehingga siswa dapat memahami pentingnya meningkatkan kepercayaan diri.


Keywords


Konseling Kelompok, Kepercayaan Diri

Full Text:

PDF

References


Achmad Juntika Nurihsan, Bimbingan & Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan, Bandung: Rafika Aditama, 2006.

Arif Pratisto, Statistik Menjadi Mudah dengan SPSS 17, Jakarta: Gramedia, 2009.

Dewa Ketut Sukardi, Bimbingan Karier di Sekolah, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1978.

Erle, M. Ohsen, Group Counseling: A Developmental Approach, 1971 dalam Dewa Ketut Sukardi, Bimbingan Karier di Sekolah, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1978.

George M. Gazda, Group Counseling: A Developmental Approach, 1971, dalam Dewa Ketut Sukardi, Bimbingan Karier di Sekolah, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1978.

Hendra Surya, Percaya Diri itu Penting, Jakarta: Alex Media Komputindo, 2007.

Namora Lumongga Lubis, Memahami Dasar-Dasar Konseling, Jakarta: Kencana, 2011.

Noer Rohman, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Sukses Offset, 2012.

Prayitno, Layanan L.1-L.9. Padang: UNP, 2004.

_______ , Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil), Jakarta: Ghalia Indonesia, 1995.

Rahmat Mr. Power, Cara Meningkatkan Percaya Diri dalam 21 Hari, Diakses pada tanggal 05 Juli 2015 dari situs: http://www.motivasi-islami.com/cara-meningkatkan-percaya-diri-dalam-21-hari/

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.

_______ , Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: Alfabeta, 2012.

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Tina Afiatin, Martaniah, Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melalui Konseling Kelompok, Jurnal Psikologika, No. 6, Tahun III, 1998.

Yulita Rintyastini, Suzy Yulia Charlotte, Bimbingan dan Konseling SMP untuk Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2006.

Yusuf Luxori, Percaya Diri, Jakarta: Khalifa Pustaka Al-Kautsar Grup, 2004.

Yusuf Al-Aqshari, Kunci Sukses Membangun Kepercayaan Diri, Jakarta: Buku Islam Cendikia, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.