PENDEKATAN KLINIS ISLAMI DALAM SUPERVISI PEMBELAJARAN

Heliati Fajriah Heliati Fajriah

Abstract


Pendekatan klinis merupakan bentuk pengawasan untuk menganalisis kemampuan guru dalam pengembangan proses pembelajaran serta  pembinaan guru secara preventif dan kuratif. Secara preventif adalah dengan cara menciptakan  hubungan akrab, harmonis dan bersahabat,  dengan cara membimbing dan membantu para guru untuk dapat menciptakan kondisi belajar dan proses pembelajaran yang efektif. Usaha pembinaan secara islami dilakukan dengan mengedepankan nilai-nilai Islam, seperti penekanan pada dimensi spiritual, akhlaq, emosional, intelektual dan dimensi sosial. Pelaksanaan berlandaskan pada prinsip tauhid, demokrasi, keadilan, musyawarah, konstruktif dan krearif. Selanjutnya upaya pembinaan itu diupayakan bersandar pada pesan-pesan al-Qur’an dan hadits agar selalu dapat menjaga sifat keislamannya  itu, terutama untuk menjaga arah perbaikan situasi pendidikan Islam. Dengan pendekatan klinis islami dapat membuat guru menyadari akan fungsinya sebagai pendidi profesional. Dalam tindakannya akan melahirkan sikap self evaluation, Self Profesional  dan  mengutamakan IQ, EQ dan SQ dalam setiap tindakan dan sikap.


Keywords


Pendekatam, Klinis Islami

Full Text:

PDF

References


Arif, Jamil. M, (2006), Strategi KepalaSekolah dalam MeningkatkanProfesionalisme Guru, Banda Aceh, Program Pasca Sarjana, Universitas Syiah Kuala.

Arikunto, Suharsimi, (2002), Prosedur Penelitian, Suatu pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.

Dersal Wiliam R.van, Prinsip dan teknik Supervisi dalam pemerintahan dan Perusahaan,

diterjemahkan oleh hardoyo, Bhatara Karya Aksara, Jakarta 1978.

Fattah, Nanang, (2000), Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung, Rosda Karya.

Glickman, C.D. (1985). Supervision of Intruction. Boston: Allyn and Bacon Inc.

Hamalik, Oemar, (2006), Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta,

Bumi Aksara.

Hasan Langulung, (1995), Manusia dan Pendidikan, Jakarta, al Husna Zikra.

Hasibuan. Malayu, SP, (2003), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Bumi Aksara.

Huntua, Ismet, (2000), Analisis Kerja, Bandung, Dinas pendidikan.

Husaini, (2005), Pengembangan Profesional Guru (Studi terhadap Upaya Kepala Sekolah

dan Pengawas dalam MembinaProfesional Guru di Kabupaten Aceh Timur), Banda Aceh,Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala

Idris, Jamaluddin, (2005), Analisis Krisis Mutu Pendidikan, Penerbit Taufiqiah Sa’adah,

Yogyakarta.

Made`Pidarta, pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta, 1992.

Malik, Ghulam, Farid, (2000), Pedoman Manajemen Madrasah, Forum Kajian Agama dan

Budaya, Yogyakarta.

Muhaimin,MA, (2002), Paradigma Pendidikan Islam, Bandung, Rosda Karya

Pidarta, Made, (2000), Landasan Kependidikan, Jakarta, Rineke Cipta

Purwanto, Ngalim. M, (2005), Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung, Rosda

Karya

Said Agil Husin al Munawar, (2005), Aktualisasi nilai-nilai Qur’ani, Jakarta, Ciputat Press.

Usman, Nasir, (2007), Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, Bandung, Mutiara Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v4i2.4136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.