STRATEGI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN KINERJA GURU DI SMAN 12 BANDA ACEH

Nurussalami Nurussalami, Nonadya Muharrafah

Abstract


Strategi supervisi klinis yang dilakukan oleh kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam pembinaan kinerja guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Melalui supervisi ini, guru dapat mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya, sehingga kualitas pembelajaran dan kinerjanya dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan supervisi klinis kepala sekolah dalam pembinaan kinerja guru di SMAN 12 Banda Aceh, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah dalam pembinaan kinerja guru di SMAN 12 Banda Aceh, (3) Untuk mengetahui peluang dan tantangan supervisi klinis kepala sekolah dalam pembinaan kinerja guru di SMAN 12 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan  deskriptif.  Teknik  pengumpulan  data dilakukan  melalui  observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan 2 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perencanaan supervisi klinis, kepala sekolah melakukan langkah-langkah seperti menentukan tujuan supervisi klinis, mengumpulkan informasi, menentukan fokus supervisi klinis untuk setiap guru, menyusun rencana tindakan yang spesifik, menetapkan jadwal supervisi klinis, dan mengadakan pertemuan supervisi klinis. Pelaksanaan supervisi klinis terdiri dari tiga tahap yaitu pertemuan awal, observasi, dan pertemuan balikan. Tantangan yang dihadapi kepala sekolah dalam supervisi klinis adalah masalah komunikasi, kurangnya kerjasama, masalah teknis, dan tantangan waktu. Namun, supervisi klinis juga memberikan peluang untuk meningkatkan keterampilan mengajar dan kualitas pembelajaran, mengidentifikasi masalah, meningkatkan hubungan  antara guru dan kepala sekolah, serta pengembangan profesional guru.


Keywords


Supervisi Klinis; Kepala Sekolah; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Aan Ansori, d. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 12.

Laksmi, J. N. (2021). Implementasi Supervisi Klinis Di SD Negeri Ujung-Ujung 01 Kabupaten Semarang. Jurnal Satya Widya, Vol. 37, No. 2.

Manullang, N. T. (2016). Pengaruh Kinerja Guru Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDK Penabur Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Magister, Vol. 02. No.02.

Multazam, U. (2019). Variasi Dan Teknik Supervisi Klinis. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 1.

Putri Salma, d. (2018). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di MAN Beureuneun. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, Vol. 6, No. 1.

Sri Andriani, d. (2021). Kinerja Guru dalam Menyiapkan dan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, Vol. 4, No. 2.

Suryani, d. (2019). Kajian Teoritik Implementasi Supervisi Klinis. Jurnal SIMPONI, Vol. 1, No. 1.

Susanti, K. d. (2019). Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol. 4, No. 2.

Teuku Hendra Aguswandi, d. (2015). Pelaksanaan Supervisi Klinis Di SMA Negeri 1 Kuala Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Intelektualita, Vol. 3, No. 2.

Wahyuningrum, M. (2010). Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah. Jurnal Fondasia, Vol. 11, No. 10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.