IMPLIKASI AKSIOLOGI DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN

Fithriani Fithriani

Abstract


Abstrac: Aksiologi pendidikan yang memiliki hakikt nilai,maksud nilai disni adalah nilai-nilai kebaikan dan keindahan yang tertinggi dari nilai –nilai etika dan estetika. Implikasi aksiologi dalam filsafat pendidikan tidaklah asing karena aksiologi salah satu cabang filsafat yang dapat menguji dan mengintegrasikan semua nilai-nilai dalam kehidupan manusia khususnya tentang kajian etika. Demikian juga dengan nilai estetika tentang pengalaman keindahan yang dimiliki oleh manusai terhadap lingkungan dan fenomena disekelilingnya.Aksiologi juga dapat menaruh perhatian tentang baik dan buruk dan dapat dijadikan sebagai pertimbangan tentang apa yang dinilai. Etika dari bagian filsafat nilai dan penilaian manusia adalah cara memandangnya dari sudut baik dan tidak baik karena etika merupakan filsafat tentang prilaku manusia. Adapun estetika adalah filsafat keindahan yang dimiliki oleh manusia lebih menitik beratkan kepada predikat keindahan yang diberikan pada hasil seni. Ajaran Islam merupakan perangkat sistem nilai yaitu pedoman hidup secara islami swsuai dengan tuntunan Allah  SWT.Sehingga aksiologi pendidikan Islam berkaitan dengan nilai-nilai tujuan dan target yang akan dicapai dalam pendidikan Islam kerena tujuan pendidikan isklam mengandung petunjuk Allah,meningkatkan kesejahteraan hidup manusia baik didunia maupun diakhirat, mengandung usaha keras untuk meraih kehidupan yang baik dan mengandung nilai yang dapat memadukan antara kepentingan kehidupan dunia dan akhirat.


Keywords


Implikasi, Aksiologi, Filsafat Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2007

Jujun S. Sumantri, Filsafat Ilmu : Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan, 2005

Sutardjo A.Wiramihardja, Pengantar Filsafat, Bandung: PT. Refika Aditama, 2006

A. Munir Mulkhan, Paradigma Intelektual Muslim : Pengantar Filsafat Pendidikan Islam & Dakwah, Yogyakarta : SIPress, 1994

Abuddin Nata, Manajemen Pendidikan, Jakata: Kencana, 2008

Redja Mudyahardjo, Filsafat Ilmu Pendidikan Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cet. II, 2002




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v5i1.4359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.