IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN NON FORMAL (Study Kasus TPQ Baitushshadiqien Kec. Baitussalam Kab. Aceh besar)

Nur Fazillah

Abstract


Pembiayaan merupakan salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektifitas dan efisiensi pengelolaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) sumber-sumber pembiayaan pendidikan nonformal TPQ Baitushshadiqien; (2) prosedur manajemen anggaran pendapatan pembiayaan pendidikan nonformal TPQ Baitushshadiqien; (3) penggunaan anggaran belanja pembiayaan pendidikan nonformal TPQ Baitushshadiqien; (4) pertanggungjawaban pembiayaan pendidikan nonformal TPQ Baitushshadiqien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, yaitu proses data, penyajian data dan kesimpulana awal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sumber-sumber pembiayaan pendidikan nonformal di TPQ Baitushshadiqien bersumber dari orang tua santri dan bantuan donatur yang tidak tetap, (2) prosedur manajemen anggaran pendapatan pembiayaan pendidikan nonformal TPQ Baitushshadiqien dibuat dalam bentuk program pencapaian jangka pendek; (3) penggunaan anggaran belanja pembiayaan disesuaikan antara kebutuhan dengan kas pendidikan nonformal di TPQ Baitushshadiqien; (4) pertanggungjawaban pembiayaan dilaksanakan pada akhir tahun.

Keywords


Manajemen Pembiayaan, Pendidikan Non Formal

Full Text:

PDF

References


Akdon, dkk, Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Fattah, dkk, Rekonstruksi Pendidikan Masa Depan, Jakarta: Fariska Putra, 2008.

Ivor K Davies, Pengelolaan Belajar, Terjemah, Jakarta: Gramedia, 1996.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008.

Mulyono, Manajemen Kependidikan, Yogyakarta: 2008.

, Konsep Pembiayaan pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Muwahid Shulhah dan Soim, Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2013.

Nanang Fattah, Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Pidarta, Manajemen Pendidikan Indonesia, Bandung: Raja Grafindo Persada, 2004.

Ratna Dewi, Efektivitas Bantuan Operasional Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2013.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.