Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Canva pada Mata Kuliah Fisika Dasar

Irma Sakti, Reski Idamayanti, Agussalim Agussalim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Canva yang valid dan untuk mengetahui respon mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan dengan 4 tahapan, yaitu: Tahap pendefenisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap diseminasi (Disseminate). Subjek penelitiannya adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muslim Maros semester II tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian meliputi angket berupa lembar validasi dan lembar respon mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh dari ahli materi 85%, ahli media 80% yang bearti memenuhi kriteria sangat valid. Hasil analisis angket respon mahasiswa didapatkan skor rata-rata sebesar 4,23 dengan persentase 84,6% berada pada kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Canva yang dikembangkan pada materi kelistrikan sangat valid digunakan dan mendapatkan respon baik dari mahasiswa.


Keywords


Pengembangan; Media;Pembelajaran



DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v3i2.13288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats