The Impact of Using PhET Simulation Through a Multiple-Representation Approach on Students' Learning Outcomes and Interests
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
Arifin, M. M. (2011). Efektivitas penggunaan simulasi phet dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60.
Chi, M. T. H. (2009). Active‐constructive‐interactive: A conceptual framework for differentiating learning activities. Topics in Cognitive Science, 1(1), 73–105.
Dufresne, R. J., Gerace, W. J., & Leonard, W. J. (1997). Solving physics problems with multiple representations. Physics Teacher, 35, 270–275.
Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education 10th ed. McGraw-Hill Education.
Hanna, D., Sutarto, S., & Harijanto, A. (2017). The concept theme learning model is accompanied by media images in physics learning in high school. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 23–29.
Hasbullah, H., Halim, A., & Yusrizal, Y. (2018). Penerapan pendekatan multi representasi terhadap pemahaman konsep gerak lurus. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 69–74.
Hasbullah, H., & Nazriana, L. (2017). Peningkatan Kemampuan Interprestasi Grafik Melalui Pendekatan Multi-Representasi Pada Materi Gerak Lurus. Prosiding Seminar Nasional USM, 1(1).
Indriani, L., & Dharmautama, M. (2016). Antimicrobial test of roselle (hibiscus sabdariffa L.) ethanol extract againts porphyromonas gingivalis and streptococcus sanguis using agar method (in vitro study). Journal of Dentomaxillofacial Science, 1(2), 134–138.
Isa, A. (2010). Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).
Lucas, L. L., & Lewis, E. B. (2019). High school students’ use of representations in physics problem solving. School Science and Mathematics, 119(6), 327–339.
Mahardika, I. K., & Prihandono, T. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Verbal, Matematik, dan Gambar Fisika Siswa Kelas VIII-A MTs N 1 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013.
Muna, A. K., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Phet Simulation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton Di SMP Negeri 23 Pontianak. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 15–23.
Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda, W. (2021). Penggunaan simulasi phet terhadap efektifitas belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227–236.
Rasyidah, K., Supeno, S., & Maryani, M. (2018). Pengaruh guided inquiry berbantuan phet simulations terhadap hasil belajar siswa sma pada pokok bahasan usaha dan energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 129–134.
Santoso, P. H., Istiyono, E., Haryanto, & Hidayatulloh, W. (2022). Thematic analysis of indonesian physics education research literature using machine learning. Data, 7(11), 147.
Saregar, A. (2016). Pembelajaran pengantar fisika kuantum dengan memanfaatkan media phet simulation dan LKM melalui pendekatan saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60.
Slameto, B. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,(Jakarta: Rieneka Cipta, 2010), Cet. Ke-5, HDepartemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Jakarta: Balai Pustaka, 2007), Cet. Ke-4, H, 895.
Subiki, S., Hamidy, A. N., Istighfarini, E. T., Suharsono, F. Y. H., & Putri, S. F. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Plus Sukowono Materi Usaha dan Energi Tahun Pelajaran 2021/2022. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(2), 200–204.
Wilujeng, I., Wibowo, H. A. C., & Akbar, M. A. A. (2024). Analisis Kebutuhan Penerapan Model PBLA Berbantuan PhET Simulation untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Gerak Parabola. Phi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapan, 10(1), 15–20.
Yuafi, M. E. D., & Endryansyah, E. (2015). Pengaruh penerapan media pembelajaran PhET (Physics Education Technology) simulation terhadap hasil belajar siswa Kelas X TITL pada standar kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 407–414.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v11i2.29913
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OFFICE:
Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License