PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak maksimalnya pembelajaran fisika dengan pendekatan multirepresentasi yang diterapkan di SMA Negeri 15 Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan multirepresentasi terhadap peningkatan penguasaan konsep fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan desain eksperimen one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 15 Bandung sebanyak 28 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan multirepresentasi terhadap peningkatan penguasaan konsep yaitu dengan hasil uji t paired menunjukkan nilai t hitung absolut sebesar 24,836, yang berarti thitung > ttabel, dengan nilai t tabel yang memiliki signifikasi 5% sebesar 2,052. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan multirepresentasi terhadap peningkatan penguasaan konsep fisika siswa SMA.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adiputra, Y. dkk., Suhendi, E., dan Samsudin, A., 2013. Penerapan Guided Inquiry dalam Pembelajaran Induksi Magnet untuk Meningkatkan Kecakapan Akademik dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA. 8(2), 201-206
Badruzzaman, D.R., Utari, S., Karim, S., dan Sirnawati, R., 2019. Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Gerak Lurus Melalui Penerapan Model Pembelajaran Levels of Inquiry pada Siswa Kelas X IPA 2 di SMA Negeri 2 Bandung. WaPFI (Wahana Pendidikan Fisika) 2019, Vol.4 No.2: 187-193
Blanchard, M. R., Southerland, S.A, Osborne, J.W., Sampson, V.D., Annetta, L.A., dan Granger, E.M., 2010. Is inquiry possible in light of accountability?: A quantitative comparison of the relative effectiveness of guided inquiry and verification laboratory instruction. Science Education, 94(4), 577-616
Fang, S.C., Hsu, Y.S., Chang, H.Y., Chang, W.H., Wu, H.K., dan Chen, C.M., 2016. Investigating the effects of structured and guided inquiry on students, development of conceptual knowledge and inquiry abilities: a case study in Taiwan. International Journal of Science Education, 22 Aug, 2016. doi: 10.1080/09500693.2016.1220688
Gutierez., 2015. Collaborative Professional Learning Through Lesson Study: Identifying The Challenges of Inquiry-Based Teaching. Issues in Education Research, 25(2), 2015
Guzel, B.Y., dan Adadan, E., 2013. Use of Multiple Representation in Developing Preservice Chemistry Teacher, Understanding of The Sructure of Matter. International Journal of Environmental & Science Education. 8(1), 109-130. ISSN 1306-3065
Hubber, P dan Tytler, R., 2017. Enacting Representation Construction Approach to Teaching and Learning Asttronomy. Models and Modeling Science Education 10. doi 10.1007/978-3-319-58914-5_7
Husnaini, S.J dan Chen, S., 2016. Effects of Guided Inquiry Virtual and Physical Laboratories on Conceptual Understanding, Inquiry Performance, Cientific Inquiry Self-Efficacy, and Enjoyment. Physical Review Physics Education Research15,010119
Mardatila, A., Novia, H., dan Sinaga, P., 2018. Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Pokok Bahasan Gerak Parabola. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika 5 (2), 33-39
Montolalu, C. E.J, dan Langi, Y.A.R., 2018. Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). Jurnal Matematika dan Aplikasi deCartesiaN. 1(1), 44-46
Namdar, B., dan Shen, J., 2017. Knowledge Organization Through Multiple Representations In A Computer-Supported Collaborative Learning Environment. Interactive learning environments. 12 Sep 2017. doi:10.1080/10494820.2017.1376337
Nieminan. P., 2017. Chapter 8: Learning About Forces Using Multiple Representations D.F. Treagust et al. (eds.), Multiple Representations in Physics Education: Models and Modeling in Science Education 10. doi: 10.1007/9783-319-58914-5_8
Nugraha, M.G., dan Awalliyah, S., 2016. Analisis Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Fisika SNF2016. Vol V, oktober 2016
Ozel, S., dan Yetkiner, Z.E., 2010. Multiple Representation Perspective And Students’ Acceptance Of An Online Manipulative Tool. In J.Sanchez & K. Zhang (Eds.), Proceedings of E-Learn 2010 (2671-2680). Chesapeake, VA: Association for the Advancement of Computing in Education
Phanphech, P., Tanitteerapan, T., dan Murphy, E., 2019. Explaining and Enacting for Conceptual Understanding in Secondary School Physics. Issues in Educational Research. 29(1), 2019
Prahani, B.K., Soegimin, W.W., dan Yuanita, L., 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Kemampuan Multi Representasi Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains (JPPS). 4(2), 503-517, 2017
Rizal, M., 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains. 2(3), 159-165
Silaban, S.S, dan Utari, S., 2015. Analisis Didaktik Berdasarkan Profil Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015. Bandung, Indonesia
Suhandi, A dan Wibowo, F.C., 2012. Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Usaha-Energi dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2012)-7. ISSN:1693-1246
Susilowati, E., Rusdiana, D., dan Kaniawati, I., 2017. Peningkatan Penguasaan Konsep Gelombang dan Optika melalui Perkuliahan Berbasis Scaffolding. Prosiding SNIPS 2017. ISBN:978-602-61045-2-6
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v5i2.6619
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
OFFICE:
Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License