EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MURATTAL AL-QUR’AN TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH

Eka Sulistiya Ningsih, Rusydi Rusydi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan murattal Al-Qur’an sebagai backsound (pengiring) dalam meningkatkan konsentrasi belajar Fisika siswa. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 6 di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa audio, angket Pre Test dan Post Test konsentrasi siswa, serta wawancara terhadap 5 orang siswa dari kelas yang diteliti. Penelitian ini menerapkan media audio murattal Al Qur’an agar membuat kondisi kelas menjadi kondusif sehingga siswa dapat berkonsentrasi pada saat belajar Fisika. Murattal Al-Qur’an efektif dan berpengaruh positif terhadap aspek menjawab, psikologi, dan lingkungan. Namun murattal Al-Qur’an tidak efektif terhadap aspek sambutan lisan (verbal respons). Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat pengaruh “negatif” penggunaan murattal Al-Qur’an dalam pembelajaran fisika terhadap aspek fokus pandangan, perhatian, dan sambutan psikomotorik.


Keywords


Murattal Al-Qur’an dan Konsentrasi

References


Adi. 2016. Implementing Question and Answer Technique to Enhance Students Speaking Ability at SMP Islam Paramitha Malang. Journal Of English Educators Society. Vol.3.

Aini, N. 2017. Pengaruh Terapi Audio Murotal Al Quran Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika. "Skripsi". Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Ghiasi, A. 2018. The Effect of Listening to Holy Qur’an Recitation on Anxiety: A Systematic Review, Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, IP: 91.186.71.5.

Hamzah, S. H., 2012. Aspek Pengembangan Peserta Didik (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). Vol 12 No 1 P-ISSN: 1411-303; E-ISSN:2442-9651, 11.

Julianto, V. 2014. Pengaruh Mendengarkan Murattal Al Quran Terhadap Peningkatan Kemampuan Konsentrasi. . Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi .

Kamus, T. P. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kumar, N. (2016). The effect of Listening On Concentration and Academic Performance of the Student. Cross Sectional Study On Medical Undergraduate Students, 1192-1193.

Nadhiroh, N. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Termodinamika. "Skripsi". Lampung: UIN Intan Lampung.

Nurhayati. 2015. Adaptasi Brain Gym Berbasis Multimedia Untuk Anak Tunagrahita. Surabaya: UNESA.

Rasyid, M. R. 2008. Optimalisasi Peran Guru dalam Proses Transformasi Pengetahuan dengan Menggunakan Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Savitri, A. E. 2017. Efektivitas Penggunaan Musik Instrumen Terhadap Peningkatan Konsentrasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Harmonik Dan Sifat Mekanik Bahan Kelas X Tgb SMK N 1 Sulawesi Selatan. "Skripsi". Makassar: UIN Alauddin.

Siswanto. 2007. Kesehatan Mental; Konsep, Cakupan, dan Perkembangannya. Yogyakarta: Andi.

Supriyo. 2008. Studi Kasus Bimbingan Konseling. Semarang: Swadaya Manunggal.

Yaumi, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence. Jakarta: Dian Rakyat.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v1i2.6879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats