PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN pada MATERI USAHA dan ENERGI di SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/p-jpft.v5i2.7401Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Predict, Observe, …Explain (POE)Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman dan minat peserta didik di SMA Inshafuddin Banda Aceh dalam proses pembelajaran fisika. Penyebabnya karena minimnya bahan belajar yang digunakan, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis POE agar peserta didik dapat mengikuti dan memahami proses pembelajaran fisika dengan mudah dan tertarik dengan menerapkan materi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kelayakan LKPD berbasis POE yang dikembangkan, (2) mengetahui respon guru dan (3) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis POE yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket guru, dan angket peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode R&D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase rata-rata yang diperoleh dari validator sebesar 88,10%, hal ini berarti bahwa LKPD berbasis POE dapat digunakan dengan kriteria sangat layak, (2) persentase yang diperoleh dari respon guru sebesar 51,23% tertarik, (3) Sedangkan persentase respon peserta didik sebesar 52,66% tertarik. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis POE Predict, Observe, Explain (POE) yang dikembangkan dapat digunakan di SMA Inshafuddin Banda Aceh.
References
Abdul, Majid. 2011. Perencanaan Pebelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis bagi Praktis Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Damayanti, Dian Shinta dkk. 2013. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/ 2013”. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika. 3(1). hal 58-62.
Husna, Khairul. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dewantara pada Konsep Hukum Newton”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Al-Muslim. 1(1).hal 32-37.
Mukarram, Abdullah dkk. “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan Media Pembelajaran IPA SMP Berbasis Ketrampilan Berpikir Kritis”. Jurnal Berkala Pendidikan Fisika. 2(3). hal 253-264.
Mustari, Mukarramah. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Lewat Komputer Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Kelas X SMA Negeri 3 Makassar”. Jurnal Pendidikan Fisika Al-Biruni. 4(2). hal 271-283.
Restami, M.P dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah di Tinjau dari Gaya Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 3(1). hal 1-11.
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widyawati, Ani dkk. 2015. “Pengembangan Media Komik IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta Didik”, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 1(1). hal 28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Phi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).