Meta Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Fisika Menurut Teori Polya

Meriska Afryani, Misbahul Jannah, Muhammad Nasir

Abstract


Kesulitan belajar adalah suatu keadaan dimana peserta didik mengalami kesulitan tertentu dalam menjalani suatu proses pembelajaran. Adapun Tujuan penelitian adalah menganalisis penelitian-penelitian yang berkaitan kesulitan peserta didik dalam memecahkan soal-soal fisika berbentuk soal cerita menurut tahapan pemecahan teori polya, yaitu: langkah pemecahan soal, rencana penyelesaian, pelaksanaan rencana, dan peninjauan kembali. Rancangan penelitian ini adalah meta analisis terhadap hasil-hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data dengan menggunakan 5 artikel penelitian sebelumya dan dianalisis kelima artikel tersebut. Hasil penelitian  diperoleh (1) pada tahap pemahaman soal, peserta didik banyak yang dapat memahami soal yang diberikan, (2) pada tahap rencana penyelesaian,  peserta didik yang mengalami kesulitan pada saat penyelesaian soal, (3) pada tahap pelaksanaan rencana, pada umumnya peserta didik pengalami kesulitan, (4) selanjutnya tahap peninjauan kembali, peserta didik umumnya mengalami kesulitan pada tahap pengecekan ulang soal. Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa kesulitan yang sering dihadapi peserta didik ketika menyelesaiakan soal-soal fisika adalah pada tahap pelaksanaan rencana dan peninjauan kembali. Sedangkan pada tahap pemahaman soal dan rencana penyelesaian peserta didik tidak terlalu mengalami kesulitan. Oleh karena itu diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat lebih memperhatikan tahapan teori polya dalam menyelesaikan soal-soal fisika.

Keywords


Kesulitan peserta didik, Teori Polya, Meta-Analisis

References


Alamsyah, Mansyur. J., Kade, A. 2018. Analisis Kesulitan siswa dalam memecahkan soal fisika SMP pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Tadakulo (JPFT). Vol. 6(1), 40-43.

Andriani, N.L.Y., dkk. 2016. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika. 4(3), 36-41.

Annuru, M.P. 2018. Artikel Meta-Analisis Sripsi Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Utan Tentang Pelaksanaan Remediasi Untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa. FKIP Utan, Pontianak.

Boisandi, Darmawan, H. 2017. Meta Analisis Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Kontruktivisme pada Materi Fisika Di Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 06(2), 179-185.

Darsa, D.Y. Artikel Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika dengan teori Polya pada materi kalor kelas XI SMAN 3 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry, Banda aceh.

Faisi, M. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Yogyakarta, Diva Prees.

Hidayatullah, A. Artikel Analisis Kesulitan Belajar Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke dalam penyelesaian soal-soal Fisika. Mataram.

Haspen, C.D.T., Festiyed. 2019. Meta-Analisis Pengembangan E-Modul Berbasis Ingkuiri Terbimbing pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 5(2), 180-187.

Irham, M., Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan. Yoyakarta, Ar-Ruszz Media.

Hasana, N. 2016. Skripsi Meta-Analisis Kualitatif Skripsi Mahasiswa Berbasis Ingkuiri Database Biologi Unnes 2014. Semarang.

Musdalifah. 2017. Skripsi Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Pada Materi Kalor Berdasarkan Teori Polya Di Kelas X SMAN 2 Teluk Dalam. Banda Aceh.

Muhibbin Syah. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Mansyur, Iskandar, A. 2017. Meta Analisis Karya Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Evalusai Pendidiika. Jurnal Scientifoc Pinisi. 3(1), 72-79.

Jiwanto, I.N. 2012. Artikel Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Fisika Menurut Polya. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakrta.

Wena, M. 2013. Srategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta, Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v3i2.7617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

OFFICE:

Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Jalan Syeikh Abdul Rauf, Syiah Kuala, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh, 23111. email: jurnal.phi@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats