References
Abu Bakar Jabir Al-Jazairi, Mukhtasar Nahwu Al-Wadih (Beirut: Darl al-Kutub al-’Ilmiyah, 2008).
Abu Syuqqah, ‘Pengantar Ilmu Shorof.’, Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4 (2003), 67–81.
Afiana, Rika, Wienike Dinar Pratiwi, and Een Nur Hasanah, ‘Keefektifan Metode SQ3R Dalam Pembelajaran Mebaca Pemahaman Teks Fiksi Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SMP’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (2021), 17–28.
Ali bin Abdullah As-Sanhuri, Syarhu Al-Jurumiyah Fi ’ilm Al-’Arabiyyah (Jakarta: Darus Salam, 2006).
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam:Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru (Jakarta: Logos Wacana ILmu, 1999).
Burhan Nurgiyantoro, ‘Urgensi Bahasa Arab Dalam Kehidupan Umat Islam’, Lingua: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 16 (2019), 1–10.
Fahri, Abdullah, ‘Implikasi Penguasaan Nahwu-Shorof Siswa Terhadap Pemahaman Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta’ (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017).
Farida Rahim, Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008)
Henry Guntur Tarigan, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Bandung: Angkasa, 2008).
M. Ramlan, Dasar-Dasar Bahasa Arab (Yogyakarta: Gama Media, 2013).
Mas’ud Mahmud, Belajar Bahasa Arab (Jakarta: Penerbit Erlanggga, 2010).
Musthafa bin Muhammad Salim Al-Ghulayaini, Jami’ Al-Durus Al-Arabiyah (Beirut: arul Kutub Al-Ilmiyyah, 2010).
Rahmatullah dan Hidayatullah, ‘Kontribusi Ilmu Nahwu Dan Shorof Dalam Pendidikan Bahasa Arab’, Jurnal Pendidikan Islam, 7 (2019), 247–66.
Soedarso, Speed Reading Sistem Membaca Cepat Dan Efektif (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2019).
Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2019).
———, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010).
———, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).
Sulaiman, ‘Ilmu Nahwu Shorof Sebagai Pondasi Utama Pembelajaran Al-Quran Dan Hadis Di Pesantren’, Ulul Albab, 7 (2006), 91–106.
Syamsul Ma’arif, ‘Kitab Kuning Sebagai Budaya Pesantren’, Jurnal Pendidikan Islam, 1 (2012), 59–70.