The Concept of Character Learning: A Comparative Study of Al-Ghazali and Thomas Lickona’s Perspectives
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
Al Ghazali. Raudhah: Taman Jiwa Kaum Sufi. Surabaya: Risalah Gusti, 1997.
_________ . Ihya’ Ulumuddin, Juz 1, Beirut: Dar al-Fikr, 1980.
_________. Raudhah: Taman Jiwa Kaum Sufi....,t.t.
Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Asmani, Jamal Ma’nur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Pres, t.t.
Azzet, Akhmad Muhaimin. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia “Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa”. Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2011.
Bakker, Anton dan Achmad Charris Zubair. Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius, 1990.
Dalmeri, “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter”. Al-Ulum. 1 Juni, 2014.
Dalmeri. “Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character)”. Al-Um, 1 Juni, 2014.
Daradjat, Zakiah. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 2003.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
Echols, Jhon M. dan Hasan Shadily. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia, 2005.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2014.
____________. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2014.
Hadi, Sutrisno. Metode Risearch I. Yogyakata: Afsed, 1987.
Halim, Abdul. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Hamid, Abu. Imam al-Ghazali, Ringkasan Ihya’ ‘Ulumuddin. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009.
Hidayat, A. Penelitian Al-Qur’an sebagai Dasar dalam Sistem Pendidikan Islam. Bandung: Pusli, t.t.
Julaiha, Siti. “Implementasi Pendidikan karakter Dalam pembelajaran”, Dinamika Ilmu, 2 (Desember, 2014)
Khan, Shafique Ali. Filsafat Pendidikan Imam Al-Ghazali. Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Langgulung, Hasan dalam kata pengantar buku fathiyah hasan sulaiman. Bahs Fi al-Madzhab al-Taarbawi ‘Ind al-Ghazali, terj. Ahmad Hakim dan M. Imam Aziz “Konsep Pendidikan al-Ghazali”. Jakarta: P3M, 1986.
_________. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna, 1988.
Lickona, Thomas. Character Maters, terj. Juma Adu Wamanguna. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
___________. Educating For Caracter, terj. Abdu Wamaunga (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)
Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.
Muslich, Mansur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensial. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Nizar, Samsul. Filasafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
__________. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis Teoritis dan Praktis.....,t.t.
Nuraida dan Rihlah Nur Aulia. Character Building Untuk Guru. Jakarta: Aulia Publishing House, 2007.
Quasem, M. Abul dan Kamil. Etika Al-Ghazali: Etika Majemuk di dalam Islam, terj. J. Mahyudin. Bandung: Pustaka, 1988.
Ramayulis dan Samsul Nizar. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam di Dunia Islam dan Indonesia. Ciputat: Quantum Teaching, 2005.
Samani, Muchlas dan Harianto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
Sevilla, Consuelo G. Pengantar Metodologi Penelitian, terj.Alimudin Tuwu, et. al., Jakarta: UI Press, 1993.
Sofat, Charletty Choesyana. “Pengembangan Karakter Melalui Pendidikan Keluarga”, Disertasi Doktor. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2008.
Sulaiman, Fathiyah Hasan. Sistem Pendidikan Versi Al-Ghazali. Bandung: Al-Ma’arif, 1986.
Syaifuddin, A. Percikan Pemikiran Imam Al-Ghazali. Bandung: Pustaka Setia, 2005.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jie.v5i1.11974
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Welcome to DAYAH: Journal of Islamic Education open journal system. Thank you very much for visiting. We are looking forward to getting your articles
DAYAH: Journal of Islamic Education
All works are licensed under CC BY-SA
© DAYAH: Journal of Islamic Education 2019. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with Master's Degree of the Department of Islamic Education, Postgraduate Program of Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.
Indexed by:
Supported by: