ANALISIS EKONOMI ISLAM TERHADAP BAGI HASIL PEMBIAYAAN MUDHARABAH UNTUK USAHA MIKRO PADA BAITUL QIRADH ABU INDRAPURI

Jumadi Jumadi

Abstract


This study generally aims to analyze the concept of mudharabah financing in Baitul Qiradh (BQ) Abu Indrapuri for micro-enterprises. Specifically, the paper reviews the systems implemented in the management and revenue-sharing mechanisms derived from these micro-enterprises. This study employs primary and secondary data which were collected through interview and documentation studies. The data were analyzed using descriptive analysis method. The findings show that generally the concept of mudharabah financing in BQ Abu Indrapuri is based on Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 07/DSN/MUI/IV/2000. In the implementation level, however, the application of profit sharing and collateral system was not fully shariah compliance. The imbalance between the concept and implementation because the BQ still refers to the conventional banking rules.
===========================================
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis konsep pembiayaan mudharabah pada Baitul Qiradh (BQ) Abu Indrapuri untuk usaha mikro. Secara spesifik, tulisan mengkaji tentang sistem yang diterapkan dalam pengelolaan dan mekanisme pembagian pendapatan yang diperoleh dari usaha mikro tersebut. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang dikumpulkan dengan teknik wawancara bebas, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum konsep pembiayaan mudharabah pada BQ Abu Indrapuri berpedoman pada Fatwa Dewan Syariah Nasional No.07/DSN/MUI/IV/2000. Akan tetapi, dalam implementasinya masih terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan konsep syariah yaitu pada sistem bagi hasil dan jaminan. Terdapat ketimpangan antara konsep dan implementasi disebabkan karena BQ Abu Indrapuri masih mengacu pada aturan sistem perbankan konvensional.

Keywords


Mudharabah Financing; Micro-enterprises; Profit and Loss Sharing; BQ Abu Indrapuri

Full Text:

PDF

References


Ali, Zainuddin. (2008). Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.

Antonio, Muhammad Syafi’i. (2001). Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Pers.

Arifin, Zainul. (2009). Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah. Tangerang: Pustaka Alvabet.

Ascarya. (2003). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

ash-Shawi, Shalah, & al-Mushlih, Abdullah. (2008). Fiqih Ekonomi Keuangan Islam (Abu Umar Basyir, Trans.). Jakarta: Darul Haq.

Chapra, Muhammed Umer. (1992). Islam and the Economic Challenge. Herndon, VA: International Institute of Islamic Thought.

Eljunusi dkk, Rahman. (2002). Membangun kepuasan dan loyalitas nasabah melalui atribut produk komitmen Agama kualitas jasa dan kepercayaan pada bank syariah. Semarang.

Haron, Sudin. (1998). A Comparative Study of Islamic Banking Practices. J.KAU: Islamic Economics, 10, 23-50.

Ibrahim, Azharsyah, & Fitria. (2012). Implikasi Penetapan Margin Keuntungan pada Pembiayaan Murabahah (Suatu Studi dari Perspektif Islam Pada Baitul Qiradh Amanah). Share: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 1(2), 142-162.

Idroes, & Nursella. (2013). Analisa Perbandingan Tingkat Risiko Pembiayaan Murabahah dengan Risiko Pembiayaan Bagi Hasil pada Perbankan Syariah. Retrieved from http://blog.trisakti.ac.id/ahmadmuslim/files/2013/10/jurnal.docx

Karim, Adiwarman A. (2008). Bank Islam, Analisis Fiqih dan Keuangan (Edisi Ketiga ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2004). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Khan, Muhammad Akram. (1983). Issue in Islamic Economics: Islamic Publications.

Muhammad. (2001). Teknik Perhitungan Bagi Hasil di Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press.

Muslehuddin, Muhammad. (1999). Menggugat Asuransi Modern: Mengajukan Suatu alternatif baru dalam perspektif Hukum Islam. Jakarta: Lentera.

Permataatmadja, Karnaen, & Antonio, Muhammad Syafi'i. (1999). Apa dan Bagaimana Bank Islam. Yogyakarta: Dana Bakti Prima Yasa.

Rivai, Veithzal. (2011). Islamic Banking. Jakarta: Bumi Aksara.

Soenarmi. (2006). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Malang. http://neo-bis.trunojoyo.ac.id/admin/download.php?id=83

Suhendi, Hendi. (2005). Fiqh Muamalah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wiyono, Slamet. (2005). Cara Mudah Memahami Akuntansi Perbankan Syari‘ah Berdasarkan PSAK dan PAPSI. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/share.v2i1.1419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2013 SHARE Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.