Firm Value and Its Predictors: An Examination of Companies Listed on Jakarta Islamic Index

Muhammad Fajrul Novrizal, Muhammad Arfan, Ratna Mulyany

Abstract


This study aims to determine whether financial leverage, managerial ownership, profitability, company size, and the Islamic Social Reporting Index influence the firm value of companies listed on the Jakarta Islamic Index. The study population comprises companies listed on the Jakarta Islamic Index (JII) over the period of 2015-2019, with a total of 70 observations. This research period was chosen to avoid the potential effect of COVID-19 in the years after 2019. It is revealed that simultaneously all the financial leverage, managerial ownership, profitability, company size, and Islamic Social Reporting Index variables have a positive effect on firm value. Moreover, in the partial test, it was also found that each independent variable had a positive effect on firm value. The study implies and signifies the role of Islamic social reporting not only in ensuring the achievement of firms’ social accountability but also in increasing their value, particularly of those listed on the Islamic index.

====================================================================================================

ABSTRAK - Nilai Perusahaan dan Prediktornya: Pemeriksaan Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah financial leverage, kepemilikan manajerial, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan Islamic Social Reporting Index berpengaruh terhadap nilai perusahaan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Populasi penelitian adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2015-2019, dengan total 70 observasi. Periode penelitian ini dipilih untuk menghindari potensi efek COVID-19 di tahun-tahun setelah 2019. Terungkap bahwa secara simultan semua variabel financial leverage, kepemilikan manajerial, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan Islamic Social Reporting Index berpengaruh positif terhadap perusahaan. nilai. Selain itu, pada uji parsial juga ditemukan bahwa masing-masing variabel independen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Studi ini menyiratkan dan menandakan peran pelaporan sosial Islam tidak hanya dalam memastikan pencapaian akuntabilitas sosial perusahaan, tetapi juga dalam meningkatkan nilainya, terutama yang terdaftar di indeks Islam.


Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Abbas, A. (2013) Impact of large ownership on firm performance: a case of nonFinancial listed companies of Pakistan. Word applied sciences Journal, 21(8), 173-186

Abdilah, S. B., & Rahayu, S. (2014). Analisis Pembentukan Portofolio Optimal Saham Menggunakan Model Indeks Tunggal Untuk Pengambilan Keputusan Investasi (Studi Kasus Saham Index LQ-45 di BEI Periode Agustus 2008-Juli 2013). Jurnal Universitas Telkom, 4.

Abdolmanafi, S. (2013). The effect of managerial stock ownership on the value of listed companies in tehran stock exchange. Advanced in Enviromnetal Biology, 7(8), 14-27

Achmad, S. L., & Amanah, L. (2014). Pengaruh Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2010-2012. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(9), 1–15.

Amran, A., Fauzi, H., Purwanto, Y., Darus, F., Yusoff, H., Zain, M. M., Naim, D. M. A., & Nejati, M. (2017). Social Responsibility Disclosure in Islamic Banks: A Comparative Study of Indonesia and Malaysia. Journal of Financial Reporting and Accounting.

Amri, M., & Umtara, U. (2010). Pengaruh Faktor Good Corporate Governance, Free Cash Flow, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan.

Ansori, M., & H.N., D. (2010). Pengaruh Keputusan Investasi Keputusan Pendanaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index Studi Pada Bursa Efek Indonesia ( BEI ). Analisis Manajemen, 4(2).

Ayu, S. M. & Ary W. (2013) Pengaruh struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan pada nilai perusahaan.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(2), 358-372

Bidhari, S. C., Salim, U., Aisjah, S., & Java, E. (2013). Effect of Corporate Social Responsibility Information Disclosure on Financial Performance and Firm Value in Banking Industry Listed at Indonesia Stock Exchange. European Journal of Business and Management, 5(18), 39–47.

Brigham, E. F. & Houston F. (2014). Dasar-dasar manajemen keuangan (Ali Akbar Yulianto, penerjemah). Jakarta:Salemba Empat.

Chen, C. R., & Steiner, T. L. (1999). Managerial Ownership and Agency Conflict: a Nonlinear Simultaneous Equation Analysis of Managerial Ownership, Risk Taking, Debt Policy, and Dividend Policy. Financial Review, 34(1), 119–136.

Dewi, A. S. M., & Wirajaya, A. (2013). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 4(2), 358–372.

Endraswati, H. (2012) Pengaruh struktur kepemilikan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan hutang sebagai variabel moderating pada perusahaan di BEI. Jurnal STAIN Salatiga, 10(2), 131- 145.

Fitri, B. P. (2014) Pengaruh ukuran erusahaan, leverage, price earning ratio dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 18-27.

Fitria, S. & Hartanti H. (2010). Islam dan tanggung jawab sosial: studi perbandingan pengungkapan berdasarkan global reporting initiative Indeks dan islam social reporting Indeks. Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.

Handriani, E., & Robiyanto, R. (2018). Corporate Finance and Firm Value in The Indonesian Manufacturing Companies. International Research Journal of Business Studies, 11(2), 113–127.

Haniffa, R. (2002). Social Responsibility Disclosure: An Islamic Perspective. Indonesian Management & Accounting Research, 1(2), 128–146.

Harahap, S. S. (2013). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan Edisi 11. Jakarta: Rajawali Pers.

Haryono. H. (2015). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). Jurnal Universitas Diponegoro. 1(1), 46-60

Haruman, T. (2008). Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Keputusan Keuangan dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XI.

Hasnawati, S. (2005) Implikasi keputusan Investasi, Pendanaan, dan d eviden n ilai perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. 8(1), 37-46

Hendrik E. S. (2017) Pengaruh profitabilitas dan kebijakan utang terhadap nilai perusahaan yang t erdaftar di JII. Journal Of Business Studies, 2(1), 112-130.

Herawaty, A., & Susanto, K. Y. (2009). Pengaruh Profesionalisme, Pengetahuan Mendeteksi Kekeliruan, dan Etika Profesi Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 11(1), 13–20.

Hermuningsih, S. (2013). Profitability, Growth Opportunity, Capital Structure and the Firm Value. Bulletin of Monetary Economics and Banking, 16(2). https://doi.org/10.21098/bemp.v16i2

Husnan, S. (1993). Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. AMP YKPN.

Hussain, A., Khan, M., Rehman, A., Sahib Zada, S., Malik, S., Khattak, A., & Khan, H. (2020). Determinants of Islamic Social Reporting in Islamic Banks of Pakistan. International Journal of Law and Management, 63(1), 1–15. https://doi.org/10.1108/IJLMA-02-2020-0060

Imanta, D., & Satwiko, R. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepemilikan Managerial. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 13(1), 67–80.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Corporate Governance: Values, Ethics and Leadership, 3(4), 305–360. https://doi.org/10.4159/9780674274051-006

Jihadi, M., Vilantika, E., Widagdo, B., Sholichah, F., & Bachtiar, Y. (2021). Islamic Social Reporting on Value of The Firm: Evidence from Indonesia Sharia Stock Index. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1920116

Kamla, R., & Rammal, H. G. (2013). Social Reporting by Islamic Banks : Does Social Justice Matter ? Accounting, Auditing and Accountability Journal, 26(6), 911–945.

Kashmir, K. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

Kouki, M., & Said, H. Ben. (2011). Does Management Ownership Explain The Effect of Leverage on Firm Value? An Analysis of French Listed Firms. Journal of Business Studies Quarterly, 3(1), 169–186.

Kusumajaya, D. K. O. (2011). Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Thesis. Universitas Udayana, 1–132.

Mahendra, A. (2012). Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan (kebijakan dividen sebagai variabel moderating) pada perusahaan manufaktur di BEI. Jurnal Ekonomi, Universitas Udayana, 3(4), 22-37.

Mailinda, R., Ibrahim, A., & Zainul, Z. R. (2018). Pengaruh Leverage, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada BNI Syariah di Indonesia Periode 2015-2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(4). doi:https://doi.org/10.24815/jimen.v3i4.9794

Muarif, H., Ibrahim, A., & Amri, A. (2021). Likuiditas, Kecukupan Modal, Pembiayaan Bermasalah Dan Pengaruhnya terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016-2018. JIHBIZ: Global Journal of Islamic Banking and Finance., 3(1), 36-55.

Murhadi, W. R. (2015). Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat

Myers, S. C. (1977) Determinants of Corporate Borrowing. Journal of Financial Economics, 5(2), 147-155.

Nguyen, T., & Nguyen, H-C. (2015). Capital structure and firms' performance: evidence from Vietnam's Stock Exchange. International Journal of Economics and Finance, 7 (12):1.

Ningsih, H. R. (2013). Pengaruh kepemilikan intitusional dan ukuran peruasahaan terhadap kebijakan hutang dan nilai perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 19(2), 110-125

Nohong, M., Sobarsyah, M., Sanusi, A., Sartika Handayani, K., Otoluwa, N. I., & Bon, A. T. (2019). Islamic Social Reporting Disclosure and Firm Value: Empirical Study of Firms Listed in Jakarta Islamic Index. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, July, 2458–2494.

Nurhayati, N., & Wasilah, W. (2013). Akuntasi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Nurmayasari. A. (2012). Analisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, laverage, dan kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan (studi kasus pada perusahaan manufaktur di BEI tahun 2007-2010) Jurnal Riset Akuntansi, 1(2), 240-252.

Obradovich, J., & Gill, A. (2013). The Impact of Corporate Governance and Financial Leverage on the Value of American Firms. Faculty Publications and Presentations, 25(February).

Ogolmagai, N. (2013). Leverage Pengaruhnya Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Manufaktur yang Go Public di Indonesia. Jurnal EMBA, 1(3), 81–89.

Othman, R., & Thani, A. M. (2010). Islamic Social Reporting Of Listed Companies In Malaysia Maqasid Shariah Model on Islamic Finance View project Islamic Social Reporting Of Listed Companies In Malaysia. International Business & Economics Research Journal 9(4).

Pantow, M.S.R., Murni, S., dan Trang, I. (2015). Analisa Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Return on Asset dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan yang tercatat di Indeks LQ 45. Jurnal EMBA, 3(1), 961-971.

Pratama, I. G. B. A., & Wiksuana, I. G. B. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 5, 1338–1367.

Putu N. W. & Wayan S. (2014) pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan intitusional pada nilai perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universiversitas udayana, 9(3), 575-590.

Rahmawati, A., & Achmad, T. (2012). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Financial Corporate Performance Dengan Corporate Social Responsibility Disclosure Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Accounting, 1(2), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

Ramadan, I. Z. (2015). Leverage and the Jordanian Firms’ Value: Empirical Evidence. International Journal of Economics and Finance, 7(4), 75–81. https://doi.org/10.5539/ijef.v7n4p75

Reni, F., & Anggraini, R. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang terdaftar Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang, 21, 23–26.

Riyanto, B. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE, Yogyakarta.

Rosiana, G. A. M. E., Juliarsa, G., & Sari, M. M. R. (2013). Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 723–738. https://doi.org/10.21107/infestasi.v12i1.1797

Sambora, S, (2014) Pengaruh leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan, Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 92-113.

Santosa, P. W. (2020). The Moderating Role of Firm Size on Financial Characteristics and Islamic Firm Value at Indonesian Equity Market. Business: Theory and Practice, 21(1), 391–401. https://doi.org/10.3846/btp.2020.12197

Saputra, A. T. (2010). Analysis of Influence Economic Value Added (EVA) and Market Value Added (MVA) Return to Share in Manufacturing Company in Indonesia Stock Exchange. Accounting and Business Journal. Gunadarma University.

Sayekti, Y., & Wondabio, L. S. (2007). Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earning Response Coefficient. Simposium Nasional Akuntansi X, Makasar, 1–35.

Septianingrum, P. A., (2014) Pengaruh dukungan top management, kemampuan pengguna, serta adanya pelatihan dan pendidikan pengguna terhadap kinerja sistem informasi akuntansi (studi kasus pada BPJS ketenagakerjaan Semarang dan D.I. Yogyakarta), Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta

Setiawati, L. W., & Lim, M. (2018). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Pengungkapan Sosial Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011--2015. Jurnal Akuntansi, 12(1), 29–57.

Shofwatul, U. (2011). Pengaruh Manajemen Risiko, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tesis, Universitas Airlangga.

Siegel, J. & Shim, J. K. (2000). Kamus Istilah Akuntansi, Jakarta: Gahlia Indonesia.

Suharli, Michell. 2006. “Studi Empiris Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Go Public Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Maksi. Vol.6 No.1. Semarang: Universitas Diponegoro.

Tjia, T., & Setiawati, S. (2012). Pengaruh Corporate Governance pada Hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.

Wahidahwati. (2002) Pengaruh kepemilikan manajerial dan kepemilikan intitusional pada kebijakan utang perusahaan. Jurnal riset akuntansi Indonesia, 5(1), 1-16.

Wahyudi, U., & Pawestri, H. P. (2006). Implikasi Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Keputusan Keuangan sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi, 9, 1–25.

Weston, J. . F., & Copeland, T. (1997). Manajemen Keuangan. Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara Publisher.

Wijaya, B. (2010). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIII, Purwokerto.

Yunita. Y (2014). Pengaruh ROI, ROE, EPS dan EVA terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI Peride 2009- 2011. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 13-27




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/share.v11i1.11867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Muhammad Fajrul Novrizal, Muhammad Arfan, Ratna Mulyany

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.