Modeling Islamic Social Reporting in the Indonesian Capital Market

Muhammad Adnan, Fithriady Fithriady, Marwiyati Marwiyati, Rahmi Rahmi

Abstract


Islamic Social Reporting (ISR) is an extension of the social reporting concept that examines companies' spiritual and economic roles. However, some Sharia-indexed companies in the Indonesian Capital Market do not fully disclose ISR in their annual reports, despite its importance for Muslim investors. This study analyzes the impact of company size, age, profitability, leverage, and independent commissioners on ISR disclosure using panel data regression analysis. The research employs a quantitative approach, utilizing secondary data from a panel dataset consisting of 10 companies listed on the Jakarta Islamic Index (JII) from 2016 to 2022. To analyze the data, this study utilizes panel data regression analysis, which incorporates three distinct approaches: the standard effect model, fixed effect model, and random effect model. The Chow Test and Hausman Test are then conducted to determine the optimal model for estimating the outcomes. The panel regression results are subsequently estimated utilizing the Random Effect Model approach. The findings indicate that company size, profitability, leverage, and independent commissioners do not affect ISR disclosure. However, company age significantly and positively influences ISR disclosure. These results emphasize the need for mandatory ISR disclosure regulations in the Indonesian Capital Market to enhance transparency and accountability for Muslim investors.

======================================================================================================== 

ABSTRAK – Pemodelan Islamic Social Reporting di Pasar Modal Indonesia. Islamic Social Reporting (ISR) merupakan perluasan dari konsep social reporting yang tidak hanya membahas peran perusahaan dalam perekonomian, tetapi juga perspektif spiritual. Akan tetapi, walaupun ISR merupakan informasi penting bagi investor muslim dalam pengambilan keputusan investasi, beberapa perusahaan dalam indeks syariah belum sepenuhnya mengungkapkan ISR dalam laporan tahunannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage dan komisaris independen terhadap pengungkapan ISR di Pasar Modal Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berbentuk data panel dari 10 perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index (JII) dari tahun 2016-2022. Data dianalisis dilakukan dengan regresi data panel yang menggunakan tiga pendekatan: common effect model, fixed effect model dan random effect model. Uji Chow dan Uji Hausman digunakan untuk memilih model terbaik dalam mengestimasi hasil penelitian. Sementara itu, untuk mengestimasi hasil regresi panel digunakan pendekatan Random Effect Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap pengungkapan ISR di Pasar Modal Indonesia, sedangkan umur perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan ISR di Pasar Modal Indonesia. Implikasi dari temuan ini menitikberatkan pada pentingnya regulasi tentang kewajiban pengungkapan ISR bagi perusahaan-perusahaan yang listing di JII agar meningkatnya transparansi dan akuntabilitas untuk para investor Muslim.


Keywords


ISR; Profitability; Independent Commissioner; Company Age; Leverage

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Assegaf, U. Y., Falikhatun, & Wahyuni, S. (2012). Bank Syariah Di Indonesia: Corporate Governance Dan Pengungkapan Pertanggungjawaban Sosial Islami (Islamic Social Responsibility Disclosure). Proceedings of Conference in Business, Accounting and Management (CBAM), 255–267. CBAM.

Cahya, B. T., & Rohmah, F. (2019). Evolution of Islamic Social Reporting: Viewed from Islamic Position in The Continuum Social Responsibility. Journal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2), 196–222. https://doi.org/https://doi.org/10.20473/jebis.v5i2.15143

Dewi, M. A. B. C., & Budiasih, I. G. A. N. (2021). Profitabilitas, Leverage dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 31(11), 2812. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i11.p11

Fahmi, I. (2014). Teori, Kasus dan Solusi. Bandung: Alfabeta.

Faozan, A. (2013). Konsep Pasar Modal Syariah. Muqtasid: Journal of Islamic Economics and Banking, 4(2), 287–310. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/muqtasid.v4i2.287-310

Fitranita, V., & Wijayanti, I. O. (2020). Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kinerja Lingkungan, Pertumbuhan Penjualan dan Leverage Pada Pengungkapan Islamic Social Reporting. Journal Accounting and Finance, 4(1), 29–46. https://doi.org/https://doi.org/10.25124/jaf.v4i1.2344

Haniffa, R. (2002). Social Reporting Disclosure: an Islamic Perspective. Indonesian Management & Accounting Research, 1(2), 128–146.

Hasanah, N. T., Widiyanti, N. W., & Sudarno. (2017). Analisis Pengaruh GCG dan Kinerja Keuangan Terhadap. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 115–120. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/ejeba.v5i2.8645

Hidayah, K., & Wulandari, W. M. (2017). Determinan Faktor yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Tahun 2012-2015. IKONOMIKA, 2(2), 213–238. https://doi.org/10.24042/febi.v2i1.943

Jannah, A. M., & Asrori. (2016). Pengaruh GCG, Size, Jenis Produk dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan ISR. Accounting Analysis Journal, 5(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/aaj.v5i1.9758

Kalbuana, N., Sutadipraja, M. W., Purwati, T., & Santoso, D. (2019). Pengungkapan Islamic Social Reporting: Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kinerja Lingkungan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di JII Tahun 2013-2017). Jurnal Akuntansi Syariah, 2(2), 233–248. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/aktsar.v2i2.6037

Kurniawati, M., & Yaya, R. (2017). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Kinerja Keuangan dan Kinerja Lingkungan terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 18(2), 163–171. https://doi.org/10.18196/jai.180280

Mardikanto, T. (2014). CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan). Bandung: Alfabeta.

Nofitasari, W. A., & Endraswati, H. (2019). ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) ANALYSIS IN INDONESIA AND MALAYSIA. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 11(2), 341–356. https://doi.org/10.15408/aiq.v11i2.10630

Prasetyo, Y. (2018). Perbandingan Risiko dan Return Investasi pada Indeks LQ45 dengan Indeks Jakarta Islamic Index (JII). El-Jizya: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 311–334. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/ej.v6i2.2043

Prayoga, E. B., & Almilia, L. S. (2013). Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Manajemen Resiko. Junal Akuntansi & Keuangan, 4(1), 1–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36448/jak.v4i1.237

Putri, L. P. (2015). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Pertambangan Batubara di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 49–59. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fjimb.v16i2.955

Rizfani, K. N., & Lubis, D. (2019). Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perusahaan di Jakarta Islamic Index. Al-Muzara’ah, 6(2), 103–116. https://doi.org/10.29244/jam.6.2.103-116

S, A. O. C. M., Hutagaol, L. N., & Liza, D. M. (2022). Dampak New Normal Terhadap Trend Sektoral Harga Saham Syariah di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 16–21. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2797

Sawitri, D. R., Juanda, A., & Jati, A. W. (2017). Analisis Pengukuran Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah Indonesia Berdasarkan Islamic Social Reporting Index. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 983–992. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30595/kompartemen.v15i2.1876

Soemitra, A. (2009). Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.

Suharto, E. (2009). Pekerjaan Sosial di Dunia Industri: Memperkuat CSR (Corporate Social Responsibility). Bandung: Alfabeta.

Susanti, E., & Nurhayati, P. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Islamic Social Reporting Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Pasa Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Tahun 2014-2016. INVENTORY: Jurnal Akuntansi, 2(2), 356–368. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/inventory.v2i2.3292

Ulum, I. (2017). Intellectual Capital: Model Pengukuran, Framwork Pengungkapan dan Kinerja Organisasi. Malang: UMM Press.

Wahyono, W., Putri, E., & Cahya, B. T. (2020). Corporate Governance Strength, Firm’s Characteristics, and Islamic Social Report: Evidence from Jakarta Islamic Index. Journal of Accounting and Investment, 21(2), 283–400. https://doi.org/10.18196/jai.2102155

Wulandari, P. P., & Atmini, S. (2012). Pengaruh Tingkat Pengungkapan Wajib dan Pengungkapan Sukarela Terhadap Biaya Modal Ekuitas. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 3(3), 334–501. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18202/jamal.2012.12.7172

Yusuf, & Hidayatullah, S. (2022). Keberadaan Ekosistem Ekonomi dan Keuangan Terhadap Pertumbuhan Pasar Modal Syariah di Indonesia. Tasharruf: Journal of Islamic Economics and Business, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.55757/tasharruf.v3i1.90

Zubek, F. F., & Mashat, A. A. (2015). Corporate Social and Environmental Responsibility Disclosure (CSRD) by Qatar Listed Companies on their Corporate Web Sites. University Bulletin, 1(17), 109–134.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/share.v12i1.17436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Muhammad Adnan, Fithriady Fithriady, Marwiyati Marwiyati, Rahmi Rahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.