Artikel
Kompetensi Akademik Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh
Affiliation Details
- Nurasiah Nurasiah: Program Studi Pendidikan Biologi FITK IAIN Ar-Raniry Banda Aceh
Abstract
Dosen adalah komponen penting dalam sistem pendidikan di perguruan tinggi. Tugas utamanya memberikan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menjalankan tugas tersebut, dosen harus memiliki empat kompetensi dasar, salah satunya kompetensi akademik yakni kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kompetensi akademik dosen dalam mengelola pembelajaran meliputi penguasaan landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, perancangan proses pembelajaran dan pelaksanaan proses pembelajaran serta penyusunan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian sebanyak 22 orang dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kompetensi akademik dosen dalam penguasaan landasan kependidikan sudah baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku mulai dari latal belakang pendidikan sebelum menjadi pendidik, materi ajar sesuai keilmuan, menguasai tentang ilmu kependidikan dan adanya minat melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. (2) Pemahaman terhadap peserta didik sudah bagus, adanya kemampuan dalam penguasaan ilmu psikologi/jiwa dan ilmu psikologi pendidikan khusus dalam memahami peserta didik. (3) Perancangan proses pembelajaran sudah membaik. Penguasaan materi ajar, penggunaan strategi, media dan metode serta pembuatan SAP dilaksanakan oleh dosen. (4) Pelaksanaaan proses pembelajaran sudah maksimal, adanya kemampuan berinteraksi dan mengkomunikasikan materi pembelajaran, dapat mengkondisikan lingkungan belajar yang kondusif, memiliki ketrampilan dalam memadukan metode dan strategi pembelajaran. (5) Penyusunan evaluasi hasil belajar sudah maksimal, dosen mampu membuat soal dan pembobotannya, mengetahui kemajuan peserta didik, mampu mendiagnosa kesulitan belajar serta dapat memberikan umpan balik dalam memperbaiki proses perkuliahan. Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan dasar untuk meningkatkan kompetensi akademik dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Kata Kunci: Kompetensi Akademik dan Dosen
Lecturer is an important component in educational system in higher education. Lecturer’s main duties are providing education, teaching, research and service for society. Lecturer should have four basic competences, one of them is academic competence, which is the lecturer’s competence in teaching management. The purpose of the study was to find out the lecture’s academic competence in teaching management, comprising of the mastery of foundation of education, understanding the learner, learning process design, learning process implementation, and learning outcome evaluation arrangement. This study used descriptive method and qualitative approach. Data collection technique used were observation, interview, and documentation study. Subject of the study were 22 lecturers of Tarbiyah Faculty of Ar-Raniry State Institute for Islamic Studies. The result of the study showed that: (1) academic competence of the lecturer in mastery the foundation of education was good and in accordance with applicable provision such as educational background before became an educator, learning material that in accordance with knowledge, mastery of educational science and interest to continue study to higher level. (2) Understanding toward the learner was good, there was ability in mastery of psychology and psychology of education especially in understanding the learners. (3) The designing of learning process had been improved. The mastery of material, use of strategies, media, methods and subject program unit applied by the lecturers. (4) The implementation of learning process was maximal, there were competence to interact and communicate the learning material, create a conducive learning environment, and combine learning methods and strategies. (5) The development of learning outcome evaluation was maximal. The lecturers were able to develop the question and it scoring, knew the progress of the learners, were able to diagnose the learning difficulty and provide feedback in order to improve the learning process. It is expected that the result of the research can be used as a basic to improve the academic competence of the lecturers of Tarbiyah Faculty of Ar-Raniry State Institute for Islamic Studies.
Keywords: Academic Competence and Lecturer
47
TOTAL VIEWS
0
DOWNLOADS
ALTMETRICS
Similar Articles
- Fadhli Nirwansyah, PENGGUNAAN MANIK-MANIK SEBAGAI ALAT PERAGA SEDERHANA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPA PADA KONSEP DNA DI SMA NEGERI 4 TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 3 No. 1 (2015): JURNAL BIOTIK
- Suriani Siregar, Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa pada Konsep Sistem Indra , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 3 No. 2 (2015): JURNAL BIOTIK
- Dewi Mutia Maidani, Khairil Khairil, Hafnati Rahmatan, Penggunaan Media Camtasia Studio Berbantuan Handout untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Konsep Sistem Ekskresi di SMA Negeri 12 Banda Aceh , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 4 No. 1 (2016): JURNAL BIOTIK
- Mulyadi Mulyadi, Adlim Adlim, Djufri Djufri, MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 1 (2014): Jurnal Biotik
- Eliyanti Eliyanti, Hasanuddin Hasanuddin, Mudatsir Mudatsir, Penerapan Handout Berbasis Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology, And Society) pada Materi Bioteknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa MAS Darul Ihsan Aceh Besar , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 6 No. 2 (2018): JURNAL BIOTIK
- Bowo Sugiharto, Integration of Local Wisdom in the Implementation of the Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Policy in The Biology Education Study Programs in Indonesia: Analysis and Evaluation , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 12 No. 2 (2024): JURNAL BIOTIK
- Nurlia Zahara, Rizky Ahadi, IMPLEMENTATION OF E-LEARNING AS A MEDIA FOR BIOLOGY LEARNING BY HIGH SCHOOL TEACHERS IN BIREUEN DISTRICT , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 10 No. 2 (2022): JURNAL BIOTIK
- Riza Ulhaq, Ilham Juliwardi, A DIGITAL INTERACTIVE MODULE-BASED ON PROBLEM LEARNING IN ENVIRONMENTAL POLLUTION , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 11 No. 2 (2023): JURNAL BIOTIK
You may also start an advanced similarity search for this article.