Increasing Student Creativity in Science Learning Through Project Based Learning Models and Animated Videos

Authors

  • Wati Oviana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Putri Rahmi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Misbahul Jannah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Eva Nauli Taib Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh https://orcid.org/0009-0005-0307-1765
  • Azza Ariqa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/biotik.v13i2.31936

Abstract

proses pelaksanaan pembelajaran IPA di Madrasah lebih banyak terkonsentarsi pada peningkatan aspek pengetahuan sedangkan pengembangan kreativitas siswa lebih sering terabaikan. Dengan demikian sangat pentingmengembalikan pembelajaran IPA sesuai hakekatnya agar pengembnagan kreativitas siswa ikut terkembangkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memilih salah satu model dan media yang cocok untuk mengembangakan kreativitas siswa seperti model PBL dan media video animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar dan peningkatan kreativitas siswa melalui penerapan model project based learning berbantuan video animasi pada proses pembelajaran IPA kelas IV di MIN 29 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar soal tes dan lembar observasi kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 84% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 95%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 79% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 93%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I 52,17% meningkat pada siklus II 88,46%.  (4) Kreativitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 56,52% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88,46%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning berbantuan video animasi dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas IV di MIN 29 Aceh Besar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Wati Oviana, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
    UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Downloads

Published

2025-09-29

How to Cite

Increasing Student Creativity in Science Learning Through Project Based Learning Models and Animated Videos. (2025). BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 13(2), 207-222. https://doi.org/10.22373/biotik.v13i2.31936

Most read articles by the same author(s)