Artikel
Increasing Student Creativity in Science Learning Through Project Based Learning Models and Animated Videos
Affiliation Details
- Wati Oviana: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
- Putri Rahmi: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
- Misbahul Jannah: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
- Eva Nauli Taib: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
- Azza Ariqa: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Abstract
proses pelaksanaan pembelajaran IPA di Madrasah lebih banyak terkonsentarsi pada peningkatan aspek pengetahuan sedangkan pengembangan kreativitas siswa lebih sering terabaikan. Dengan demikian sangat pentingmengembalikan pembelajaran IPA sesuai hakekatnya agar pengembnagan kreativitas siswa ikut terkembangkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memilih salah satu model dan media yang cocok untuk mengembangakan kreativitas siswa seperti model PBL dan media video animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar dan peningkatan kreativitas siswa melalui penerapan model project based learning berbantuan video animasi pada proses pembelajaran IPA kelas IV di MIN 29 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar soal tes dan lembar observasi kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 84% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 95%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 79% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 93%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I 52,17% meningkat pada siklus II 88,46%. (4) Kreativitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 56,52% dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88,46%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning berbantuan video animasi dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas IV di MIN 29 Aceh Besar.
0
TOTAL VIEWS
0
DOWNLOADS
ALTMETRICS
Most read articles by the same author(s)
- Eva Nauli Taib, Ika Fazira, Cut Ratna Dewi, Evinopita Taib, TWO-TIER MULTIPLE CHOICE (TTMC) INSTRUMENT FOR MEASURING STUDENTS' COMPLETE ABILITY QUESTION EVALUATED LEVEL (C5) , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 11 No. 1 (2023): JURNAL BIOTIK
- Wati Oviana, Che' Muliana Sari, Fanny Fajria, Misbahul Jannah, PARENT'S PERCEPTIONS OF THE HOME BASED SCIENCE LEARNING SYSTEM DURING THE COVID-19 PANDEMIC , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 9 No. 1 (2021): JURNAL BIOTIK
- Nursalmi Mahdi, Samsul Kamal, Elita Agustina, Eva Nauli Taib, ANALYSIS OF ABILITY OF BIOLOGICAL EDUCATION ALUMNI IN MANAGEMENT AND IMPLEMENTATION BIOLOGY PRACTICUM , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 9 No. 2 (2021): JURNAL BIOTIK
- Eva Nauli Taib, Analisis Kualitas Aspek Materi Butir Soal Buatan Dosen , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Biotik
- Rahmatan Islami, Eva Nauli Taib, Zuraidah Zuraidah, THE EFFECT OF USING SAGU DRUGS (Metroxylon sagu) AND DRIED BANANA LEAVES (Musa paradisiaca) ON THE GROWTH OF WHITE OYSTER MUSHROOM (Pleurotus ostreatus) , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 12 No. 1 (2024): JURNAL BIOTIK
- Eva Nauli Taib, Respon Siswa Terhadap Perangkat Concept Mapping Assesment (CMA) Bervisi Sets , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 1 (2013): Jurnal Biotik
- Masri Masri, Eva Nauli Taib, HUBUNGAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP NILAI AKHIR MAHASISWA CALON GURU (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Unsyiah dan Mahasiswa PendidikanBiologi FTK UIN Ar-Raniry) , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 7 No. 2 (2019): JURNAL BIOTIK
- Wati Oviana, Profil Kemampuan Mahasiswa Pgmi Fakultas Tarbiyah Dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis KTSP , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 1 (2013): Jurnal Biotik
- Wati Oviana, Peningkatan Keterampilan Proses Mahasiswa Pgmi Melalui Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran IPA MI , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 1 No. 2 (2013): Jurnal Biotik
- Aisyah Idris, Eva Nauli Taib, Maqfirah Maqfirah, Bina’ Syakhsiyah Mahasiswa Pendidikan Biologi Melalui Kegiatan Praktikum , BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan: Vol. 7 No. 1 (2019): JURNAL BIOTIK