THE VALIDITY OF HOTS ASSESSMENT INSTRUMENT ON CELL SUBJECT FOR STUDENT IN GRADE XI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyono, A. E. 2017. Evaluasi Pelaksanaan Authentic Assessment Berdasarkan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Islam Al-Hidayah Jember. Jurnal Equilibrium, 5 (1), 1-13.
Larkin, T. L. 2014. The Student Conference: A Model of Authentic Assessment. International Journal of Engineering Pedagogy, 4 (2), 36-46.
Sunarti dan Selly, R. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013 (Menbantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-langkah Pe-nilaian Pembelajaran.Yogyakarta: Andi.
Basuki. I., dan Hariyanto. 2015. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riswanda, J. 2018. Pengembangan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) serta Implementasinya di SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2 (1), 49-58.
Fanani, M. Z. 2018. Strategi Pe-ngembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Jurnal, 2 (1), 57-76.
Ariyana, Y., Ari, P., Reisky, B., dan Zamroni. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Gru dan Tenaga Kependidikan Kemen-terian Pendidikan dan Kebudayaan.
Arifin. Z., dan Heri. R. 2017. Pengembangan Instrumen Pe-ngukur Higher Order Thinking Skill Matematika Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pythagoras, 12 (1), 98-108.
Kementerian Pendidikan dan Ke-budayaan. 2013. Peraturan Mente-ri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013, tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Martin, M. O., Ina V.S., Mullis, Pierre, F., dan Martin, H. 2015. TIMSS 2015 International Results in Science. IEA.
OECD. 2019. PISA 2018 Results Combined Executive Summaries. Volume I, II, III. OECD Publising.
Haryanto. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Fungi untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Skripsi. Universitas Negeri Padang. Padang. Indonesia. Maret 2018.
Purbaningrum, K. A. 2017. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. JPPM, 10 (2), 40-49.
Miarsyah, M., dan Rizhal H. R. 2019. Memberdayakan Keteram-pilan Mengembangkan Soal HOTS pada Guru Biologi di Kabupaten Bekasi. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1 (4), 151-159.
Sugiyono. 2017. Metode Peneliti-an & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purwanto, N. 2009. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Selaras, G. H., Yuni, A., Heffi, A., Des, M., dan Tri, P. W. 2019. Validitas dan Reliabilitas Intsru-men Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Ruang Lingkup Biologi SMA. Bioeducation Journal, 3 (2), 151-158.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v9i1.6864
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All works are licensed under CC BY-SA
Index By
Office Address
Jl. Syeikh Abdul Rauf Komplek Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 23111, Email: jurnal.biotik@ar-raniry.ac.id
Contact Person
Samsul Kamal (HP. 0813-6003-0895), Elita Agustina (HP. 0852-7741-7176), Mulyadi (HP. 0812-6909-431)